Jadikan Aplikasi Sebagai Solusi Belajar dari Rumah

Genbisnis, Makassar – Tidak dapat berkativitas seperti biasa menjadi konsekuensi yang harus ditanggung akibat adanya pandemi covid-19. Tidak hanya dialami oleh para pekerja, pelajarpun mengalami dampak yang sama besarnya.

Terganggunya aktivitas belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka, tentunya menjadi kendala besar bagi sebagian pelajar.

Menjawab permasalahan belajar jarak jauh di masa pandemi Covid-19, PT Balai Pustaka (Persero) menghadirkan inovasi guna mendukung proses belajar mengajar untuk pelajar Indonesia. Terlebih, pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir setengah tahun dan mengakibatkan proses belajar dilakukan dari rumah.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Balai Pustaka mewujudkan kontribusinya bersama Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar membuat terobosan baru di sektor pendidikan. Inovasi itu yakni dengan meluncurkan aplikasi media sosial gratis, Barugasikola.

Direktur Utama PT Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menerangkan Barugasikola telah dirancang sejak sembilan bulan lalu. Aplikasi ini menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Baca Juga :  4 Warga Balikpapan Terkena Virus Corona, Hasil uji Laboratorium Diketahui 3 Hari Lagi

“Selain bisa bermedia sosial, aplikaso ini memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung di mana saja, melalui media dalam jaringan (daring),” kata Fachrodji saat peluncuran aplikasi Barugasikola di Makassar, Jumat (25/9/2020).

Aplikasi tersebut lanjutnya lagi, menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi. Aplikasi yang ditawarkan secara gratis ini dipastikan bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap saat. Di mana aplikasi ini bisa digunakan oleh siswa SD, SMP dan SMA.

Fachrodji menjelaskan, aplikasi ini menggunakan bahasa Bugis-makassar, sebab pembelajaran jarak jauh ini diinisiasi oleh orang Sulawesi Selatan. Sebagai informasi, sikola berarti sekolah atau pendidikan. Jadi, Barugasikola bisa diartikan sebagai pintu pendidikan.

“Harapannya, agar ke depan tidak ada lagi kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini juga bisa diaplikasikan di seluruh Indonesia,” katanya.

Beberapa provinsi lain kata Fachrodji juga sudah menunjukkan minatnya untuk menerapkan aplikasi ini di wilayahnya masing-masing. Rencananya, Balai Pustaka akan melakukan roadshow ke daerah lain seperti, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur yang padat masyarakatnya.

Baca Juga :  Wapres Ma’ruf Amin Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah dari UIN

Adapun peluncuran Barugasikola dilakukan di Makassar dengan acuan bahwa Indonesia itu bukan hanya di wilayah barat saja yang maju. Peluncuran ini juga menjadi momentum sebagai kemajuan pendidikan di wilayah timur Indonesia.

Adapun fitur yang terdapat dalam aplikasi Barugasikola di antaranya media sosial pendidikan, ruang kelas, ruang sekolah, ruang kreasi, ruang pustaka, ruang ibadah, ruang enterpreneurship dan toko Balai Pustaka.

RID, SUMBER

Leave a Reply