Joe Biden di Ambang Kemenangan Pilpres AS, Trump Bisa Apa?

Joe Biden, calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, di ambang kemenangan berdasarkan proyeksi media-media setempat. Apakah Donald Trump masih bisa memenangkan Pilpres AS dengan Joe Biden hampir mendekati 270 electoral votes?

Berdasarkan proyeksi Fox News, media terkemuka AS, Joe Biden kini mengantongi 264 electoral votes, minus 6 electoral votes untuk keluar sebagai pemenang Pilpres AS. Sementara itu Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Sementara itu, proyeksi CNN menampilkan Joe Biden yang juga mengungguli Trump. Selisih electoral votes mereka yakni 253 untuk Joe Biden dan 213 untuk Trump.

Pilpres AS menganut sistem electoral college atau sistem keterwakilan. Perolehan electoral votes menjadi penentu kemenangan seorang capres. Dibutuhkan setidaknya 270 electoral votes — dari total 538 electoral votes yang ada — untuk memenangkan Pilpres AS. Artinya, Biden di ambang kemenangan merujuk kepada proyeksi-proyeksi media AS.

Baca Juga :  Ini Dia! Penyakit Kronis yang Bahayakan Pasien Covid-19

Dialnsir CNN, Kamis (5/11/2020), Joe Biden hanya tinggal membutuhkan Arizona dan Nevada untuk memenangkan Pilpres AS. Meski Biden hampir mencapai 270 electoral votes, Donald Trump diyakini masih punya jalan untuk terpilih kembali, berdasarkan analisis John King dari CNN.

Trump disebut harus mempertahankan keunggulannya di distrik kongres kedua North Carolina, Georgia dan Maine. Ketika Alaska mulai melakukan penghitungan, King menilai electoral votes akan jatuh ke Trump.

Kemenangan di Pennsylvania juga menjadi penting bagi Trump untuk tetap bersaing dan berjuang untuk electoral votes Arizona.

(aj)

Leave a Reply