Jumlah Penumpang Pesawat Turun 90 Persen!

GenBisnis, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan industri penerbangan semakin terbang rendah seiring dengan penurunan jumlah penumpang harian rute domestik yang mencapai 90 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa bagi perekonomian nasional termasuk bagi industri penerbangan.

“Jumlah penumpang harian domestik turun hingga 90 persen,” kata Budi dalam siaran pers yang dikutip, Minggu (19/7/2020).

Selain itu, lanjutnya, terjadi penurunan signifikan dari frekuensi penerbangan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Banyak pesawat yang parkir di bandara dan tidak beroperasi.

Budi menyebut industri penerbangan kini dalam kondisi bertahan di tengah pandemi. Kendati demikian, penerbangan Indonesia diyakini bakal mampu seperti negara Vietnam dan lainnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Seorang Pria Tuntut Maskapai, Setelah Alami Pelecehan Seksual Di Pesawat

Pihaknya meminta seluruh stakeholder penerbangan, termasuk maskapai, untuk menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan sehat pada masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dirinya menilai hal tersebut perlu dilakukan untuk membangkitkan industri penerbangan nasional. Terlebih, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa di masa adaptasi kebiasaan baru masyarakat bisa bisa tetap produktif dan tetap aman dari penularan Covid-19, termasuk dalam penerbangan.

“Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara dengan menciptakan penerbangan yang aman, selamat, nyaman dan sehat,” ujarnya.

(QR) Sumber.

Leave a Reply