Kunci Sukses Membuat Strategi Bisnis Yang Efektif

Strategi yang Baik Menuntut Perencanaan

Di bidang apapun, strategi menuntut perencanaan yang bagus. Di dalamnya ada banyak elemen bisnis yang terkait langsung dengan marketing, atau pemasaran. Dengan demikian ada beberapa macam konsep yang harus diketahui terkait dengan strategi bisnis.

9. Produk

Produk yang baik adalah benda yang inovatif dan berguna. Selain itu, produk yang bagus juga harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu, sekaligus memuaskan hasrat mereka.

10. Promosi

Kegiatan promosi perlu dilakukan oleh penjual barang, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pengguna terhadap produk yang dijual. Ini menjadi elemen kunci paling penting di dalam setiap strategi bisnis.

11. Lokasi

Strategi ini terkait dengan bagaimana mendistribusikan produk sekaligus memperluas pemasok serta citra yang bisa diandalkan. Promosi yang baik akan memudahkan pelanggan untuk menggunakan produk yang diinginkan.

Baca Juga :  Gejala-gejala Jika Seseorang Terinfeksi Virus Corona

12. Harga

Kualitas produk harus sesuai dengan harganya, dan sebaliknya, harga sebuah produk harus menyesuaikan dengan kualitasnya. Pelanggan akan mencari produk lain yang sama, bila harganya ternyata lebih murah ketika dijual di toko C.

Tidak ada patokan mengenai bagaimana seseorang bisa menjalankan strategi bisnis yang baik. Dan seterusnya, tidak ada tips yang pasti, yang bisa mengajarkan orang untuk memulai bisnis dengan strategi yang tepat.

Yang benar adalah: setiap strategi bisnis yang dirancang perlu memperhatikan beberapa elemen penting termasuk daerah operasi, demografi pelanggan, jumlah pesaing, tingkat ekonomi, dan ukuran bisnis. Setiap strategi dan perencanaan bisnis bukanlah konsep yang bisa disamakan begitu saja, antara satu model bisnis dengan yang lainnya.

Baca Juga :  KFC Terpaksa Rumahkan 450 Karyawan Di Hempas Corona

Kendati strategi bisnis harus disesuaikan dengan konteks serta jenis bisnis, orang harus sadar bahwa menciptakan strategi adalah sesuatu yang bisa dipelajari dengan baik.

Belajar menciptakan strategi dengan mengambil hikmah dari berbagai macam pengalaman bisnis, merupakan sebuah langkah pertama yang bisa ditempuh.

Artinya, pengalaman adalah guru terbaik, dimana darinya seseorang bisa belajar untuk mengambil keputusan yang baik dan dengan cara seefektif mungkin.

(EK) Sumber

Leave a Reply