Kurangi Investasi Kelapa Sawit di Papua, Luhut : Kurang Menguntungkan

GenBisnis, Jakarta – Para Menteri Koordinator dan Investasi maritim Luhut Binsar Panjaitan dalam pemerintahan dan rakyat Papua dan Papua Barat mengajak untuk mulai mengurangi investasi di perkebunan kelapa sawit.

“Investasi kelapa sawit hanya milik investor besar dari luar negeri dan tidak tentu menguntungkan bagi masyarakat setempat,” kata Luhut Binsar Panjaitan di Sorong, Kamis, 27 Februari, 2020.

Menurut Luhut, pemerintah saat ini berbuat moratorium untuk menghentikan penebangan hutan di Papua. “Jangan ada lagi penebangan hutan di Papua dan Papua Barat.”

Luhut menyarankan agar pemerintah daerah tidak hanya fokus pada investasi besar jika akan merusak hutan. Sebaliknya, pemerintah daerah dan investor juga dapat berinvestasi kecil tapi bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga :  Pembukaan 3 Juta Lapangan Kerja oleh Pemerintah di Ibu Kota Baru

Dia mengatakan, Papua dan Papua Barat ada berbagai produk pertanian seperti pala, kakao, kopi dan ganggang yang dapat dikembangkan oleh masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Luhut mengajak pemerintah daerah Papua Barat dan Papua untuk kolaborasi bekerja keras dan hidup dengan semua sektor untuk mengembangkan potensi ini.

“Saya mengajak pemerintah dan rakyat Papua untuk kerja keras untuk membangun daerah dengan potensi yang ada dan memberikan prioritas untuk melestarikan alam untuk generasi mendatang,” kata Luhut.

Sumber.

Leave a Reply