La Nina Dapat Sebabkan Peningkatan Curah Hujan

Genbisnis – Iklim di dunia sudah semakin sulit untuk di prediksi. Perubahan iklim karena pemanasan global sepertinya masih akan terus berdampak ke negara negara dunia.

Beberapa waktu lalu BMKG memperingatkan akan terjadinya fenomena la lina di samudra pasifik. Apa itu la lina?

Di antara gejala karena perubahan iklim Bumi adalah La Nina dan El Nino. El Nino adalah kejadian di mana suhu air laut yang ada di Samudra Pasifik memanas di atas rata-rata suhu normal. Sedangkan La Nina adalah peristiwa turunnya suhu air laut di Samudera Pasifik di bawah suhu rata rata sekitarnya.

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk bersiap mengantisipasi peningkatan curah hujan di Indonesia akibat fenomena anomali iklim La Nina.

Baca Juga :  Drama Baru Turunnya Harga Minyak Dunia

Data menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20 hingga 40 persen di atas normal.

“Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia akan naik 20-40 persen di atas normal,” ujar Jokowi dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/10/2020).

Secara khusus, Mantan Wali Kota Solo ini menginstruksikan jajarannya untuk segera menghitung potensi dampak yang ditimbulkan kepada sejumlah sektor seperti pertanian, perikanan, dan perhubungan.

“Karena (peningkatan curah hujan) 20 sampai 40 persen itu bukan kenaikan yang kecil,” imbuhnya.

Jokowi juga meminta agar informasi mengenai perkembangan cuaca terus disampaikan sesegera mungkin kepada seluruh provinsi.

Baca Juga :  BMKG Beri Peringatan Dini Untuk Sejumlah Daerah

Dengan itu, pemerintah daerah dapat secara optimal mempersiapkan langkah-langkah pencegahan untuk mengantisipasi pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

“Saya minta untuk disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa,” tandasnya.

RID, SUMBER

Leave a Reply