Lazada Bagi Tips Belanja Bijak

Genbisnis – Seiring perkembangan zaman, perilaku belanja pada masyarakat pun semakin bergeser. Masyarakat indonesia yang sebelumnya bebelanja secara konvensional dengan mendatangi toko atau mall, kini sudah mulai terbiasa dengan proses belanja secara daring.

Berbelanja secara daring bukan lagi menjadi hal baru, utamanya saat pandemi covid-19. Dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran covid-19, layanan daring menjadi solusi situasi ini.

Dalam krisis seperti sekarang, pengelolaan pengeluaran harus dilakukan dengan bijak, termasuk untuk berbelanja. VP Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto membagikan sejumlah kiat untuk berbelanja dengan bijak. Sebelum berbelanja online, tentukan barang yang ingin anda beli.

Kemudian, cari tahu seluk beluk barang tersebut, mulai dari spesifikasi dan harga pasarannya. Hal ini untuk memitigasi risiko penipuan melalui penawaran dari sisi harga yang sangat menggiurkan. Setelah itu, pastikan besaran anggaran sebelum membeli barang.

Baca Juga :  Hasil Riset: Pria Memakai Masker Dianggap Lemah

“Jadi anggaran itu besarnya harus dipastikan. Jangan sampai nanti habis itu ngutang gara-gara belanja terlalu seru,” ujar dia dalam Webinar Konsumen Pintar, Selasa (29/9).

Jika Anda melirik promo yang ditawarkan di marketplace, perhatikan syarat dan ketentuannya. Sehingga Anda tidak merasa tertipu ketika tidak berkesempatan mendapatkan promo tersebut.

“Promo-promo itu diperhatiin mekanismenya, caranya bagaimana, berapa orang sih yang dapat. Karena kadang promo itu juga terbatas. Jadi nanti jangan tiba-tiba ngamuk-ngamuk karena kita nggak ngerti promonya, dan merasa tertipu saat belanja online,” imbuhnya.

Setelah semua informasi tersebut, saatnya Anda meluncur untuk mencari produk yang Anda cari. Sawitri menyarankan Anda untuk melakukan perbandingan antara toko atau penjual sebelum membeli barang.

Baca Juga :  Penyebaran Virus Corona, Gejala dan Cara Pencegahannya

Kemudian perhatikan ulasan konsumen, baik untuk produk maupun tokonya. Jangan lupa untuk cek juga barang lainnya yang dijual di toko tersebut.

“Kita perlu memperhatikan tokonya. Di toko ini, benar tidak sih barangnya, jenisnya berkaitan atau enggak, kok tiba-tiba dia jualan itu, atau apa gitu. Agak aneh gitu, kan? Kemudian lihat review-nya,”” jelas Sawitri.

RID, SUMBER

Leave a Reply