Luhut Minta Kurangi Salaman Untuk Cegah Virus Corona

GenBisnis, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak melakukan jabat tangan atau salaman untuk sementara waktu. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona alias Covid-19.

Imbauan untuk mencegah wabah virus corona di Indonesia ia menyatakannya saat berkunjung ke pembukaan Hotel La Bersa di Danau Toba, Kamis, 12 Mar 2020. “Mari kita hindari penyebaran virus ini dengan tidak bersalaman dulu, mungkin sebulan ini,” katanya dalam sebuah pernyataan Luhut tertulis.

Luhut juga meminta masyarakat untuk tidak percaya pada rumor tidak benar atau hoaks yang beredar luas di berbagai platform media sosial. Untuk mendapatkan informasi terbaru terkait dengan virus corona resmi, ia mengimbau agar masyarakat mengacu pada pernyataan yang disampaikan pemerintah pusat.

Baca Juga :  Soal Ortu-Doraemon, Ini Pesan Siswi Ditemukan Gantung Diri karena Cinta

Pemerintah sebelumnya mengumumkan ada 34 kasus positif virus corona Indonesia. Satu orang yang mengalami periode penyembuhan di Jakarta dinyatakan meninggal. Di sisi lain, ada tiga pasien yang telah dikonfirmasi sembuh.

Meskipun jumlah kasus terus bertambah, Luhut optimis, perkembangan virus corona yang tersebar di Indonesia tidak akan semassif negara-negara lain. “Karena kelihatannya di daerah subtropis ini, virus tidak berkembang sedahsyat di non-tropis,” katanya.

Luhut kemudian meminta masyarakat untuk tidak terlalu cemas dan hanya terfokus pada dampak negatif dari penyebaran virus corona. Dalam kondisi saat ini, ia justru meminta masyarakat jeli memanfaatkan peluang. “Kita bisa memanfaatkan peluang yang ada sambil menangani virus ini dengan benar,” katanya.

Baca Juga :  Gaji Pegawai BI Dipotong 6 Bulan Untuk Corona, Totalnya 20,6 M

Virus corona Penyebaran diperkirakan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dunia. Bank Indonesia memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi global akan melambat atau menurun sebanyak 3 persen pada 2020. Penurunan pertumbuhan tersebut disebabkan gangguan rantai pasokan global dan perlambatan ekonomi di negara maju termasuk Amerika Serikat dan beberapa negara.

Sumber.

One Reply to “Luhut Minta Kurangi Salaman Untuk Cegah Virus Corona”

Leave a Reply