Mari Sobat, Kita Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dengan 7 Cara Ini !

GenBisnis – Dalam aktivitas keseharian, kita akan bertemu dengan orang yang gemar menunda pekerjaan. Mungkin, kamu juga memiliki kebiasaan ini. Sekali atau dua kali terbilang wajar. Namun, bagaimana jika terus-menerus? Justru akan berdampak buruk bagi dirimu dan orang lain. Akibatnya kamu akan merasa kewalahan, panik, stress, dsb setelah sadar pekerjaanmu belum selesai.

            Nah, supaya kamu gak keblabasan, yuk ubah pola kebiasaanmu itu!

  • BUATLAH CATATAN KECIL SEBAGAI PENGINGAT.

Terlalu lama menunda pekerjaan akan membuatmu semakin terlena. Alih-alih mengerjakan, kamu malah mengesampingkannya. Mulailah dengan membuat cacatan kecil sebagai pengingat. Tulis pekerjaan atau tugas apa saja yang harus diselesaikan. Kamu bisa menulisnya di lembaran sticky note yang ditempelkan di meja kerja. Atau tulis di note smartphone dan laptop yang bisa kamu jadikan wallpaper

  • TEKANKAN DEADLINE UNTUK DIRI SENDIRI.

Mungkin kamu terbiasa menyelesaikan tugas mendekati deadline. Gak masalah jika kamu nyaman dengan ritme tersebut. Namun, alangkah baiknya menghindari rasa panik, kekacauan berpikir, dan gelisah berlebih dengan menyelesaikan seluruh pekerjaan di awal. Kamu bisa menekankan deadline untuk dirimu sendiri, sebagai motivasi agar pekerjaan cepat selesai. Misal kamu diberikan tugas menyelesaikan papermu selama tiga hari. Usahakan H-2 sudah selesai atau maksimal pada H-1 kamu tinggal melakukan editing saja

  • TERAPKAN SKALA PRIORITAS UNTUK PEKERJAANMU
Baca Juga :  April Mop Saat Ini Tidak Ada Lucunya Lagi Karena Wabah Corona

Penyebab paling umum, seseorang menunda pekerjaan adalah kebingungan menetapkan tujuan. Karena ketidaktahuan mengenai dampak pekerjaan tersebut untuk diri sendiri. Apalagi terbiasa menganggap tidak terlalu penting dikerjaan sekarang. Ternyata, gak cuma kebutuhan saja yang perlu skala pioritas. Dalam menyelesaikan pekerjaan, skala prioritas harus diterapkan.

Menurut Forsyth, setiap orang perlu memanagemen waktunya untuk menjamin terciptanya sebuah efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja. Kamu bisa membagi beberapa pekerjaan yang harus didahulukan pertama kali. Karena, gak semua orang mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Dengan menerapkan skala prioritas, kamu akan mudah menyeleksi pekerjaan mana yang harus diutamakan dan mana yang bisa dikerjakan paling akhir.

  • HINDARI SEGALA MACAM DISTRAKSI DI SEKITAR ANDA

Joshua Fields Millburn dan Ryan Nikodemus menjadi dua sosok yang memulai hidup minimalis dalam menjangkau aktivitas produktif harian. Mereka mengurangi konsumsi dan pemakaian perangkat yang mengganggu keseimbangan kerja. Kadang semakin banyak distraksi membuat fokus seseorang terbelah. Niat pun menjadi pudar untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Salah satu pencetusnya, smartphone dan koneksi internet (wi-fi). Jika pekerjaanmu tak memerlukan smartphone ataupun wi-fi baiknya dimatikan. Sebaliknya jika diperlukan, kamu harus bisa membatasi hanya untuk kelengkapan pekerjaanmu saja.

  • ISTIRAHAT YANG CUKUP
Baca Juga :  Menjadi Orang Beribawa Ternyata Disegani Banyak Orang, Ini Dia Caranya

Ternyata istirahat yang cukup akan membuat pikiran segar tanpa beban. Banyak studi yang menyatakan kualitas tidur yang cukup akan berdampak besar pada produktivitas seseorang. Termasuk suasana batin dan pikiran. Bayangkan jika kamu kelelahan dan terlalu penat karena kurangnya istirahat. Atau kebanyakan begadang, keesokan harinya kamu akan merasa gak fokus. Inilah yang menyebabkan keinginan untuk menunda-nunda pekerjaan.

  • HILANGKAN PIKIRAN MEREMEHKAN PEKERJAAN

Kamu merasa mampu mengerjakan pekerjaan apapun yang diberikan. Hingga sesekali menganggap enteng dengan meremehkannya. Sikap seperti ini gak membangkitkan semangat dalam bekerja. Kamu justru merasa santai dan memilih menunda pekerjaan tersebut sampai pada batas waktu yang ditentukan. Hilangkan pikiran ini, semudah apapun pekerjaan di hadapanmu, selesaikan sekarang. Belajarlah untuk selalu disiplin, tanggap dan cekatan dalam menyelesaikan pekerjaan.

  • MULAILAH MENGERJAKAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT TAPI KONSISTEN

Kamu boleh menunda pekerjaan, asal gak serta merta meninggalkan semuanya. Cobalah untuk mengerjakannya secara bertahap namun konsisten. Alur yang seperti ini akan mempercepat langkahmu menyelesaikan pekerjaan, tanpa khawatir mendekati deadline. Jika merasa kesulitan, carilah teman untuk berbagi solusi. Dengan demikian, kamu bisa melakukan brainstorming.

Wajib kalian hilangkan kebiasaan kalian menunda pekerjaan atau kalian mau di sebut lari dari tanggung jawab?

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply