Mau Bisnis Franchise Makanan Anda Laris Manis?? Simak Tips Berikut Ini

GenBisnis – Ingin mendirikan bisnis franchise kuliner makanan? Agar bisnis Anda laris manis, jangan lewatkan berbagai tips penting untuk mengelola franchise kuliner, berikut ini.

Cermati pasar

Kita perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai berbisnis. Jangan sampai Anda berbisnis, namun tidak ada pembeli yang berminat.

Hal ini bisa dimulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Bagaimanakah gambaran konsumen yang hendak ditarget? Apakah produk makanan Anda bisa diminati oleh masyarakat?

Tentukan lokasi yang strategis

Kita sering mendegar pepatah “lokasi menentukan prestasi”. Hal tersebut benar adanya untuk bisnis makanan. Lokasi yang strategis, sering dikunjungi banyak orang akan berefek baik untuk bisnis. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli, makanan pun akan cepat terjual.

Pilih franchise makanan yang tak lekang oleh waktu

Beberapa jenis produk makanan sangat musiman, mereka hanya bertahan dalam waktu singkat. Akibatnya, bisnis pun tak akan bertahan lama. Oleh karenanya, Anda perlu selektif memilih produk makanan apa yang hendak dibeli franchisenya.

Walau demikian, ada beberapa makanan yang bertahan karena selalu digemari orang-orang. Berikut ini adalah di antaranya.

  • Ayam goreng “Sabana”

Sabana adalah produk makanan berupa fried chicken alias ayam goreng tepung yang renyah. Sabana banyak disukai oleh berbagai kalangan karena rasanya tak kalah dengan merk fried chicken restoran dan harganya terjangkau. Psst, omzet yang didapat dari franchise Sabana bisa mencapai puluhan juta, lho.

Baca Juga :  Amalan saat Malam Takbiran Idul Fitri

Sabana menawarkan paket franchise yang cukup beragam. Selain mendapatkan peralatan dagang, para mitra baru akan dibimbing dengan training. Dengan demikian, kualitas produk Sabana tetap terjaga.

  • Martabak “San Fransisco”

Martabak adalah salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Seiring dengan perkembangan zaman, varian martabak semakin beragam. Salah satu brand martabak yang berdiri sejak dahulu namun tetap up to date adalah Martabak San Fransisco.

Martabak San Fransisco menyediakan berbagai varian martabak dengan berbagai topping lezat. Brand ini sudah terkenal sejak dahulu di Bandung, kota asalnya. Bahkan franchisenya telah tersebar di Jabodetabek hingga ke Sumatra.

Oh iya, Anda harus siap merogoh kocek yang cukup banyak karena franchise martabak san fransisco terhitung cukup besar.

  • Kebab “Baba Rafi”

Brand Baba Rafi telah lama mempopulerkan makanan khas Turki ini di Indonesia. Kini, Anda bisa menjumpai dengan mudah gerai kebab Baba Rafi di mana-mana.

Baca Juga :  Robert Kiyosaki : 5 Cara Agar Bisnis Tetap Optimal

Bahkan, kebab Baba Rafi juga telah membuka gerai di luar negeri, lho, di antaranya di Malaysia, Singapura, China, hingga Belanda! Ckck, keren sekali, bukan?

Walaupun banyak bermunculan gerai kebab dengan berbagai brand, kebab Baba Rafi tetap menjadi favorit masyarakat. Kebab Baba Rafi bisa menjadi pilihan bisnis franchise yang menguntungkan.

Pilih franchisor yang mendukung bisnis

Bisnis kuliner adalah bisnis yang selalu berkembang. Anda harus siap menghadapi kerasnya arus persaingan. Sesekali, Anda perlu melakukan inovasi agar bisnis tetap bertahan.

Beberapa franchisor memiliki aturan yang terlalu ketat sehingga membatasi ruang gerak inovasi. Pastikan bahwa franchisor atau pemilik franchise Anda dapat mendukung untuk hal tersebut. Carilah franchisor yang rajin mengembangkan kualitas produknya dan telaten membimbing mitranya.

Sering melakukan promosi

Promosi juga memegang peranan penting untuk keberlangsungan bisnis. Zaman sekarang, wajib hukumnya untuk memanfaatkan internet demi kepentingan berpromosi. Buatkan akun medsos khusus untuk mempromosikan bisnis.

Selain itu, word of mouth alias promosi mulut ke mulut terbukti ampuh. Usahakan memberikan pelayanan maksimal, agar word of mouth yang dibangun pun bernada positif. Orang-orang pun akan lebih tertarik untuk membeli produk kita.

Sumber : mebiso.com

Leave a Reply