Mencegah Usaha Gulung Tikar Ditengah Covid-19

Pandemi virus Corona atau Covid-19 mulai Mengusik banyak bisnis. Banyak usaha yang terpaksa ditutup hingga transaksi secara langsung antara pedagang dan pelanggan juga dibatasi. Masyarakat terpaksa, mengubah pola, kebiasaan dan gaya hidup guna menyesuaikan diri dengan pandemic covid-19. Tidak sedikit orang yang akhirnya memilih memasak sendiri guna menghindari penyebaran virus. Yang membuat bisnis kecil mulai tutup sementara, gulung tikar hingga bangkrut.

Agar bisa bertahan dan terhindar dari kebangkrutan,ada beberapa hal yang bisa dilakukan usaha kecil.

1. Manfaatkan program pemerintah

Banyak program bantuan pemerintah untuk para pebisnis kecil. Selain itu Anda bisa menggunakan pinjaman dari bank. Jika Anda tidak beruntung di satu bank, coba bank lain.

Beberapa bank tidak akan menerimanya jika Anda belum menjadi nasabah business banking, tetapi beberapa akan menerimanya.

2. Merundingkan kembali kontrak bisnis

Lihatlah akun utang Anda. Kumpulkan semua kontrak vendor Anda, prioritaskan, dan kemudian mulailah menegosiasikan hal-hal seperti pembayaran yang dikurangi atau persyaratan yang diperpanjang. Sementara beberapa mungkin tidak setuju, beberapa akan.

Baca Juga :  Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Dengan Konsep Pesan Antar

Anda juga dapat bekerja dengan pemilik rumah untuk mencoba melepaskan pembayaran sewa untuk jangka waktu tertentu.

3. Kumpulkan semua sisa uang tunai

Di sisi lain, hubungi mereka yang berutang dan tagih.  “Anda juga dapat meminta pembayaran di muka kepada pelanggan untuk aktivitas di masa mendatang,” kata Mills dari Harvard Business School.

“Keseluruhan strateginya adalah untuk tetap likuid, jadi Anda bisa menawarkan diskon untuk aktivitas tahun depan jika orang membayar di muka,” dia menyarankan.

4. Mengurangi biaya staf

Meskipun menyakitkan, Anda harus mengurangi staf sebanyak mungkin, baik melalui PHK atau cuti. Pastikan Anda menanganinya dengan hati-hati.

Bagi mereka yang tetap bekerja, lakukan pemotongan gaji “signifikan” secara menyeluruh, Prosen menambahkan.

5. Meningkatkan produktivitas

Lakukan pekerjaan sebanyak mungkin dengan jumlah orang yang paling sedikit. Saat ini Anda akan lebih baik bekerja lebih lama dengan kelompok yang lebih kecil daripada jam kerja yang lebih sedikit dengan kelompok yang lebih besar. Anda juga dapat meningkatkan efisiensi dengan bekerja secara online.

Baca Juga :  Jika Jokowi Teken UU Cipta Kerja, Buruh Ancam Demo Besar 1 November

6. Perhatikan detail transaksi

Pastikan mengubah semua persetujuan hanya berdasarkan tanda tangan Anda. Apapun kerjasamanya, hanya Anda sebagai pemilik yang dapat menyetujui pengeluaran apa pun. Dengan cara ini, tidak akan pembelanjaan yang tidak Anda ketahui.

7. Tingkatkan layanan

Selama waktu ini, ingatlah untuk memperlakukan pelanggan Anda dengan baik sehingga mereka bertahan begitu keadaan menjadi lebih baik.

Kepada pelanggan saat ini, Anda akan memberikan layanan yang luar biasa. Lebih dari yang pernah diberikan sebelumnya.

Komunikasikan status bisnis Anda dan tawarkan petunjuk yang berguna. Anda juga dapat meminta referensi dari konsumen tersebut.

RID, SUMBER

Leave a Reply