Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Revolusi Industri 4.0

GenBisnis – Istilah Indonesia 4.0 pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Awal mula dari istilah ini adalah terjadinya revolusi industri di seluruh dunia, yang mana merupakan sebuah revolusi industri keempat.

Dapat dikatakan sebagai sebuah revolusi, karena perubahan yang terjadi memberikan efek besar kepada ekosistem dunia dan tata cara kehidupan. Revolusi industri 4.0 bahkan diyakini dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas kehidupan secara signifikan.

Konsep industri 4.0 pertama kali dikenalkan lewat pameran industri Hannover Messe di Hannover, Jerman pada 2011 lalu. Dalam revolusi industri 4.0, ke depannya tugas-tugas yang dulunya dilakukan oleh manusia akan diganti dengan tenaga mesin yang mampu bekerja lebih cepat.

Baca Juga :  Ingin Reopening Bisnis Kuliner? Inilah Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Guna mengimplementasikan industri 4.0 dibutuhkan beberapa teknologi seperti internet of thing (IoT), big data, cloud computing, dan machine learning. Sudah pernah dengar mengenai 4 teknologi tersebut?

4 Faktor Pendukung Industri 4.0

Internet of thing (IoT)

Di era ini, internet seolah menjadi makanan sehari-hari bagi manusia. Di sisi lain, internet dapat menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Inilah yang dimaksud dengan internet of thing.

Contoh penerapan internet of thing adalah misalnya Anda dalam perjalanan menuju rapat. Dengan menggunakan IoT, mobil bisa mengakses rute terbaik lewat peta digital. Apabila terjadi kemacetan selama perjalanan, melalui teknologi IoT mobil bahkan bisa mengirim pesan secara otomatis ke rekan rapat bahwa Anda akan datang terlambat. Menarik, ya!

Leave a Reply