Mengenal Pola Perubahan Perilaku dan Konsumsi Masyarakat Ditengah Pandemi

GenBisnis – Dengan adanya Covid-19, hal ini membuat kondisi ekonomi dan perilaku masyarakat mengalami perubahan yang pada akhirnya mempengaruhi pola konsumsi masyarakat pula.

Tentunya hal ini sangat berdampak pada tingkat penjualan bisnis, mungkin ada beberapa kategori produk yang mengalami peningkatan secara drastis, namun ada pula yang mengalami penurunan.

Meskipun berdampak pada ekonomi, riset menyatakan 40% konsumen Indonesia optimis dengan pemulihan ekonomi yang cepat. Di sisi lain, konsumen tetap berhati-hati dalam pengeluaran mereka. Konsumen pun banyak yang beralih ke platform online untuk membeli berbagai kebutuhan. Pergeseran ke saluran penjualan online ini diprediksi akan terus berlanjut setelah pandemi mereda. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19.

Baca Juga :  5 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Saat Menjalankan Bisnis

Memperhatikan Pengeluaran

Dampak pandemi Covid-19 pada kondisi ekonomi masyarakat membuat konsumen lebih berhati-hati dalam berbelanja. Menurut laporan McKinsey, tepatnya sebesar 83% konsumen lebih berhati-hati dalam membelanja uang dan 65% konsumen mengurangi pengeluaran.

Rata-rata konsumen mengurangi pengeluaran dalam seluruh kategori produk kecuali kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, produk perawatan pribadi, dan hiburan dalam rumah. Selain itu, masyarakat juga mulai memiliki kebiasaan baru lewat aktivitas digital dan minim sentuhan seperti online streaming, belanja bahan baku, serta membeli makanan dari restoran melalui pemesanan dan pengiriman online.

Leave a Reply