Nintendo PlayStation, Sebuah Konsol Langka Dilelang Dengan Harga Fantastis

GenBisnis, Jakarta – Akhir tahun lalu, salah satu konsol Nintendo yang paling langka dilaporkan telah dilelang. Konsol ini termasuk dalam kategori langka, karena hasil kerjasama Nintendo dengan Sony.

Oleh karena itu, tak sedikit yang menyebutnya sebagai konsol Nintendo PlayStation. Setelah diumumkan pada bulan Desember 2019, unit ini akhirnya mulai dilelang sejak bulan lalu dan kini telah berhasil dijual.

Dikutip dari Polygon, Senin (9/3/2020), unit ini ternyata dibeli dengan harga USD 300 ribu atau sekitar (Rp 4,2 miliar). Sebagai seseorang yang membeli konsol adalah seorang pengusaha asal Amerika Serikat bernama Greg McLemore.

Greg sendiri tidak asing dengan dunia bisnis Amerika Serikat. Dia adalah sosok yang bertanggung jawab untuk pengembangan Pets.com, sebelum akhirnya saham perusahaan itu dijual ke Amazon.

Menurut laporan Forbes, Greg dengan usia 51 tahun dikenal sebagai kolektor mesin video game dan game arcade klasik yang merupakan barang yang langka.

Baca Juga :  Saatnya Gunakan Password Manager, Ini Listnya

Meski berhasil membeli Nintendo PlayStation dengan nilai yang fantastis, Greg menganggap pengeluaran uang itu tidak terlalu besar.

Untuk catatan, selain biaya USD 300 ribu, ada biaya tambahan untuk pembeli premium dari USD 60 ribu (Rp 848 juta). Jadi total adalah USD 360 ribu atau sekitar Rp 5,2 miliar.

Menariknya, Greg mengatakan dia sebelumnya sudah benar-benar memiliki kesempatan untuk menawar pada konsol Nintendo Playstation dengan harga USD 100 ribu (Rp 1,4 miliar) beberapa tahun yang lalu, langsung ke pemilik Terry Diebold. Namun, tawarannya menerima penolakan.

Meskipun berhasil membelinya, Greg mengatakan tidak akan menyimpan konsol itu sendiri. Ia berencana untuk meminjamkan ke pameran University of Southern California Museum Asia Pasifik yang menampilkan pengaruh negara-negara Asia dalam industri video game.

Unit Nintendo Paling Langka

Perlu diingat, unit yang dilelang kali ini adalah Super Nintendo dengan CD-ROM yang ditambatkan dan hasil kolaborasi antara Nintendo untuk Sony.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan Ekonomi Warga, Pelindo 1 Kucurkam Dana PKBL Rp12,3 Miliar

Dikutip dari Kotaku, konsol ini dilelang melalui Heritage Auctions. Untuk informasi, unit ini sebenarnya sudah sering mendapat penawaran dari berbagai pihak, tapi baru kali ini pemiliknya akan benar-benar melepasnya.

Unit ini sebenarnya agak unik karena diproduksi oleh Sony, sehingga juga dikenal sebagai prototipe dari Play Station. Konsol ini sebenarnya memainkan kartrid gim Super Famicom, tetapi juga dapat menjalankan game dengan format CD.

Sumber.

Leave a Reply