Passion, Ide, Skill, Atau Modal? Manakah Yang Lebih Penting Saat Ingin Membangun Bisnis

GenBisnis – Ketika ingin membangun bisnis ada beberapa point penting yang harus kita ingat, yaitu kita harus memiliki passion, ide/konsep, skill, ataupun modal . Namun diatara keempat point tersebut manakah yang paling penting? Keempat point tadi sangatlah penting, tapi seperti kita ketahui ada banyak sekali orang yang punya ide tapi tidak pernah memulai bisnis, banyak orang yang punya passion namun masih saja terus-menerus mencari dan tidak memulai bisnisnya, banyak orang yang punya kemampuan hebat namun masih tetap memilih bekerja untuk orang lain (memperkaya bisnis orang), Dan banyak orang yang punya modal banyak namun masih bingung ingin membuat/mengerjakan apa.

Bahkan ada orang yang sudah memiliki ide, skill, modal dan passion untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya namun mereka tidak pernah memulai, mengapa? Karena ide, passion, dan sebagainya bukanlah hal yang membawa Anda kepada dunia entrepreneurship, tapi kebebasan (freedom) untuk hidup dengan cara Anda sendiri.

Perlu Anda ketahui dalam bisnis kata “resiko” seolah sudah menjadi makanan sehari-hari dalam hidup seorang entrepreneur, wajar jika tidak semua orang mau mengambil resiko tersebut, semakin kita berada lama dalam zona safety maka semakin mustahil bagi kita untuk memulai bisnis. Bayangkan apa yang terjadi saat Anda mendapatkan pekerjaan stabil atau jaminan keamanan lain:

  • Anda akan merasa lebih nyaman, santai, dan tidak stres.
  • Anda akan mendapat tunjangan, kenaikan gaji, bonus, dll.
  • Anda akan merasa “sukses”.
  • Semua kebutuhan Anda akan terpenuhi (karena ada gaji/jaminan).
  • Anda akan mulai membeli gadget, kendaraan, jalan-jalan dan pesta bersama teman.
  • Anda mulai mencicil kredit rumah, mobil, dll.
  • Anda akan mulai mendapatkan pasangan, menikah, punya anak dan keluarga baru.
Baca Juga :  Erik Tohir Ingin Laba BUMN Harus Tembus Rp 300 Triliun

Sekarang coba saya tanya, apakah Anda masih bisa “memulai bisnis” setelah semua hal diatas terjadi kepada Anda? Ya mungkin saja, tapi realitanya semakin lama Anda menunda perjalanan bisnis Anda maka semakin sirna impian untuk memulai bisnis Anda sendiri karena semakin Anda tua semua menjadi semakin sulit, karena Anda harus rela melepaskan jaminan keamanan untuk sesuatu yang tidak pasti.

Dan hal ini pasti akan terasa berat bagi Anda yang memiliki tanggungan, beban cicilan, dll. Tapi bukan berarti orang yang sudah tua tidak akan bisa berbisnis ya, memang tidak bisa dipungkiri bebannya akan terasa lebih berat ketimbang saat kita masih muda dan belum memiliki tanggungan apapun.

Namun tidak ada yang salah juga kalau kita lebih memilih kerja kantoran seumur hidup karena banyak juga karyawan yang hidupnya lebih sukses ketimbang jutaan pengusaha yang gagal di dunia ini, namun bagi Anda yang memang ingin memulai bisnis Anda sendiri, berhentilah menjadi orang yang pasrah, perjuangkan apa yang memang Anda percayai, ide Anda, pemikiran Anda, keinginan Anda untuk membawa perubahan, inilah satu-satunya karakteristik terpenting yang akan membawa Anda kepada dunia entrepreneurship, yaitu keberanian untuk hidup dengan cara Anda sendiri.

Baca Juga :  Ingin Sukses Bisnis Food and Beverage? Inilah Rahasianya

“Waktu Anda terbatas, jadi jangan membuang-buang waktu dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terjebak pada dogma yang hidup dengan hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan suara orang lain meredam suara terdalam Anda. Dan yang terpenting, beranilah untuk mengikuti suara hati dan intuisi Anda.” – Steve Job

Jaminan keamanan adalah pilihan yang bagus dan logis, artikel ini saya buat khusus untuk Anda yang merasa stuck sudah punya ide, konsep, modal, passion, skill, pengalaman, dan segudang resource lainnya namun tidak pernah memulai bisnis, karena yang Anda butuhkan adalah keberanian untuk memulai, keberanian untuk melakukan sesuatu yang tidak pasti, jadi mulailah saja karena memulai adalah kunci terpenting, terlihat simpel namun ironisnya banyak orang yang tidak melakukannya.

Faktanya menjadi karyawan/entrepreneur keduanya punya resiko yang sama, kemungkinan sukses dan gagal tetap ada pada keduanya, jadi tidak usah terlalu dipusingkan “apakah saya harus menjadi karyawan di kantor atau memulai bisnis saya sendiri?, coba jalani saja keduanya karena Anda akan mengetahui mana panggilan yang tepat saat melakukan bukan saat memikirkan/mempertanyakannya.

Percayalah apapun pilihan yang Anda ambil, kesuksesan tetap menjadi milik Anda selama kita rajin dan bekerja keras.

(EK) Sumber

Leave a Reply