pemakai Masker Kain, Sudahkah Memakainya Dengan Benar?

Genbisnis – Dalam kondisi seperti sekarang, kita diminta untuk ekstra berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga kebersihan diri, menjaga jarak dan mengurangi aktifitas diluar rumah, serta memakai masker.

Pemakaian masker diwajibkan untuk mencegah penyebaran virus corona selama pandemi.

Ada beragam jenis masker yang disarankan, antaralain masker kain. 

Masker kain dipilih masyarakat karena mudah didapatkan, atau bahkan dibuat sendiri, asalkan bahan yang digunakan mampu melindungi hidung, mata dan mulut Anda dari masuknya virus. Biasanya, masker kain yang efektif terdiri dari dua hingga tiga lapis bagian.

Lantas, bagi Anda pemakai masker kain, sudahkah memakainya dengan benar? Menurut WHO ada standar ideal untuk memakai masker kain agar manfaatnya maksimal dalam mencegah penularan. Berikut perinciannya

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum memakai masker.

mencuci tangan dengan sabun adalah langkah awal yang penting guna mencegah penularan covid-19. Jadi pastikan tangan anda sudah dicuci dengan benar sebelum memakai masker ya.

2. Cek kondisi kebersihan masker

Menggunakan masker yang bersih tentu saja jadi syarat wajib dalam pemakaian masker. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan masker, terutama jika sobat bisnis memakai masker kain. Pastikan mencuci masker dengan bersih sebelum digunakan kembali.

Baca Juga :  Jepang Tangani Covid-19 Dengan Cara Unik

3. Teliti bagian luar dan dalam, jangan sampai salah memakai

Saat melepas masker untuk makan atau hal lain dan hendak memakainya kembali, pastikan anda menggunakannya dengan sisi yang benar. Karena bagian luar masker mungkin saja sudah terpapar virus atau hal lain.

4. Pakai masker tanpa ada sela terbuka. Pastikan mulut, hidung dan dagu Anda tertutup

Pastikan agar masker sobat bisnis menutup mulut dan hidung dengan benar. Usahakan tidak ada sela atau celah yang memungkinkan virus untuk masuk.

5. Buka masker dengan menarik bagian tali, jangan bagian tengah masker 

Virus yang tersebar bisa saja menempel pada bagian depan masker. Jadi usahakan untuk tidak menyentuh bagian depan masker. Jika hendak membuka masker, sobat bisnis bisa menarik tali masker.

Baca Juga :  Kasus Corona di Amerika Tembus Satu Juta Lebih

6. Masukkan masker dalam tempat bersih yang tertutup

Setelah dipergunakan, pasktikan masker segera di cuci, dan setelah kering simpan di tempat yang tertutup dan bersih. Hal ini dilakukan agar sobat bisnis bisa memastikan, bahwa masker yang nantinya akan dipergunakan masih bersih.

7. Cuci tangan Anda dengan sabun kembali setelah membuka masker.

Mungkin saja masker sudah terkena berbagai macam virus. Jadi pastikan sobat bisnis mencuci tangan setelah membuka masker.

WHO juga mengimbau untuk mencuci masker setidaknya setiap hari agar kuman dan virus yang menempel hilang. Cuci masker Anda dengan sabun dan air panas. Pemakaian masker maksimal empat jam dan gantilah dengan yang baru dan bersih.

RID, SUMBER

Leave a Reply