Pemberontakan 4 Penjara Karena Aturan Virus Corona, Seorang Napi Tewas di Italia

GenBisnis, JAKARTA – Pemberontakan telah terjadi di penjara Italia ada seorang tahanan terbunuh dan puluhan lainnya terluka. Penyebab terjadinya pemberontakan di karenakan narapidana di empat penjara italia itu menolak aturan baru, untuk menghadapi virus corona. Demikian pernyataan sebuah kelompok hak asasi manusia, Minggu

Sampai saat ini, italia telah masuk daftar negara di luar asia dengan kasus virus corona terbanyak. Total ada lebih  7.300 kasus,60 orang lebih telah tewa akibat virus ini. Sementara, ada 110 ribu lebih kasus virus corona di seluruh dunia, dengan kematian mencapai lebih dari 3.800 jiwa

  • BANYAK JUGA TAHANAN YANG TELAH MENCOBA KABUR SAAT PEMBERONTAKAN TERJADI

DilansirCNA, penyebab pemberontakan terjadi ketika Italia mengeluarkan aturan baru untuk mencoba membendung penyebaran Covid-19 yang semakin mengganas di Italia. Italia menjadi negara dengan dampak terburuk kedua di dunia setelah Tiongkok.

Baca Juga :  Daftar Panjang Objek Wisata Jakarta Yang Di Tutup Sementara

Waktu terjadi pemberontakan di penjara Modena,dekat Bologna, dua petugas penjara terluka dan sekitar 20 anggota staf harus meninggalkan penjara. Banyak tahanan yang mencoba kabur dari penjara, tetapi tertangkap petugas.

“Ada sekitar 80 tahanan yang mencoba melarikan diri, namun tidak berhasil keluar dari lingkungan penjara. Mereka dipindahkan ke penjara lain setelah pemberontakan,” ujar Sekretaris Jenderal Sappe, Giovanni Battista Durante.

  • PARA KERABAT TAHANAN MELAKUKAN AKSI PROTES SAAT DILUAR GERBANG PENJARA

Di penjara Torre del Gallo di Pavia, selatan Milan, kerabat tahanan melakukan aksi protes di luar gerbang atas tindakan yang mencegah mereka, untuk melihat keluarga mereka. Hal itulah yang memicu mulainya pemberontakan. Polisi dikerahkan untuk memulihkan ketertiban.

Narapidana yang melakukan protes menyusun daftar tuntutan. Termasuk hak untuk melakukan kunjungan dan mencoba bernegosiasi dengan manajemen penjara.

Baca Juga :  Pemerintah Akan Hapus Pajak E-Commerce, Netflix Hingga Zoom

Keluarga-keluarga dari para tahanan di Poggioreale, pinggiran kota Napoli, juga berkumpul di luar penjara untuk mendukung mereka.

  • PEMBERONTAKAKAN TERSEBUT TELAH MENYEBABKAN SEORANG NARAPIDANA MENINGGAL DUNIA

Kelompok hak asasi manusia Antigone menyatakan, seorang tahanan telah meninggal di penjara Modena, Italia. Tetapi belum diketahui pasti bagaimana situasi atau kronologi yang terjadi kala itu.

“Kami telah memperingatkan ketegangan yang meningkat di penjara, kami khawatir hal itu bisa menjadi tragedi,” ungkap Antigone dalam sebuah pernyataannya, setelah pemberontakan.

Antigone berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk memastikan hak-hak para tahanan. Ketegangan yang terjadi harus dihentikan agar tak memakan lebih banyak lagi korban jiwa.

Sumber

Leave a Reply