Pendapatan Besar dari 5 Ide Bisnis Online

Genbisis – Indonesia sudah bergelut dengan pandemi selama berbulan-bulan. Pandemi covid-19 begitu mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari kesehatan, keuangan, dan pekerjaan. Beberapa peruhaan bahkan terpaksa mengurangi jumlah karyawan guna bertahan dalam sulitnya situasi.

Proses adaptasi pun dilakukan oleh mereka yang kehilangan pekerjaan. Data menunjukan bahwa jumlah usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) meningkat selama pandemi.

Salah satu usaha mikro yang kelompok masyarakat lakukan ialah berjualan lewat media sosial: memanfaatkan gawai (gadget) dan jaringan sosial di internet.

Nah, pernahkah sobat bisnis berpikir untuk memulai bisnis dengan modal dua hal itu? Jika iya, maka Genbisnis punya rekomendasi lima jenis bisnis daring yang bisa sobat bisnis lakukan dengan modal tersebut.

1. Jual jasa desain/ilustrasi

Jika sobat bisnis punya keahlian membuat ilustrasi ataupun karya desain grafis lainnya, maka manfaatkan momen ini untuk menjual jasa tersebut. Pasar akan semakin besar jika sobat bisnis membidik pasar komunitas tertentu, seperti penggemar idola Korea Selatan atau animasi Jepang (anime).

Sebagai gambaran, berdasarkan pantauan  Genbisnis  terhadap komunitas pecinta animasi Jepang di Twitter, sejumlah ilustrator menjual karya mereka dengan sistem pre-order. Salah satu ilustrator berinisial U menjual karyanya senilai Rp14 ribu per cetakan. Lebih lanjut, pengiriman pesanan pun ditanggung oleh pembeli.

Baca Juga :  Hati-Hati, Pembajakan Whatsapp Via Voucher Game Atasnamakan Indomaret

sobat bisnis juga bisa membagikan pengetahuan lewat kelas daring, seperti Kimi Kinsey yang meraup sekitar Rp29 juta per bulan.

2. Jasa pelatihan daring

Selain desain, sobat bisnis juga bisa menjual ‘pengetahuan’ lewat pelatihan daring. Sebagai contoh, Michael Serwa bisa meraup sekitar 500 ribu pounds (sekitar Rp9,6 miliar) setahun dari jasa pelatihan daringnya. Asal tahu saja, Serwa melakukan hal itu tanpa memiliki sertifikasi lengkap.

3. Jual software

Sobat bisnis bisa menjual perangkat lunak (software) dengan memanfaatkan laptop dan internet. Salah satu contoh dari bisnis penjualan software terjadi pada Chris Wanstrart. Ia menjual GitHub ke Microsoft dengan nilai Rp105 triliun. Lebih lanjut, ada pula Hengki Wijaya yang menjajakan software keamanan lalu lintas ke Australia.

Selain itu, sobat bisnis juga bisa menjual layanan premium dari aplikasi-aplikasi yang relevan saat ini, seperti Netflix, Spotify, Viu, dan sebagainya. Namun, terapkanlah prinsip sharing, bukan mencuri data pribadi akun resmi layanan tersebut.

Baca Juga :  Passion, Ide, Skill, Atau Modal? Manakah Yang Lebih Penting Saat Ingin Membangun Bisnis

4. Buat blog/channel Youtube

Tahukah sobat bisnis ? Blogger Randa Derkson, pemilik The Bewitchin Kitchen bisa menghimpun Rp65 juta per bulan loh.

Dari situ, terbukti kalau blogging bukan hanya bisa menjadi hobi, melainkan juga bisa menjadi sumber penghasilan; jika sobat bisnis menekuninya dengan konsisten.

5. Buka toko daring

Nah, yang terakhir ialah membuka toko daring. Hal ini bisa sobat bisnis lakukan di media sosial ataupun di berbagai situs e-commerce.

Sesuai platform-nya, sobat bisnis perlu mempertimbangkan produk yang sobat bisnis jual, ya! Karena, karakterisasi dan perilaku konsumen di tiap platform bisa saja berbeda.

RID, SUMBER

Leave a Reply