Pengiriman Ponsel 2020 di Seluruh Dunia Turun 2,3 persen, Terutama China

GenBisnis, Jakarta – Sejauh ini, wabah Corona memang berdampak besar bagi industri. Menurut International Data Corporation (IDC), pengiriman ponsel di Q1 menurun 30%. Sekarang, hasil analisis terbaru dari IDC sebenarnya memuat pengiriman smartphone mereka menurun sepanjang 2020.

Pada hasil penelitian dari IDC, pasar smartphone di seluruh dunia diperkirakan turun 2,3% pada tahun 2020, dengan jumlah pengiriman lebih dari 1,3 miliar produk, dirangkum dari situs IDC, Minggu (1/3). Penurunan yang terjadi selama 2020 didalangi oleh Corona.

“COVID-19 (Corona virus) adalah alasan lain untuk memperpanjang tren kontraksi pasar smartphone saat ini, yang mengurangi pertumbuhan paruh pertama tahun ini.” kata Sangeetika Srivastava, Senior Research Analyst IDC.

Baca Juga :  Wanita Ini Rela Disuntik Virus Corona, Untuk Uji Vaksin

“Sementara di China, sebagai pasar smartphone terbesar, akan menerima pukulan terbesar, geografi besar lainnya juga akan merasakan pukulan dari gangguan rantai pasokan,” tambahnya.

Hal yang dimaksud adalah, tentang hambatan untuk vendor untuk merilis smartphone terbaru mereka pada paruh kedua tahun 2020. Hal ini karena penyesuaian yang diperlukan karena adanya situasi Corona, sama halnya pabrik yang terpaksa ditutup, larangan perjalanan, sampai masalah kekurangan komponen bisa timbul.

“Kekurangan komponen, penutupan pabrik, mandat karantina, logistik, dan pembatasan perjalanan akan menciptakan hambatan kepada vendor untuk memproduksi dan meluncurkan perangkat baru.” kata Srivastava.

Namun, IDC juga menyebutkan insiden pada tahun 2020 pengiriman ponsel pintar menurun hanya skenario singkat. Perusahaan riset sangat optimis tentang mekanisme generasi kelima alias jaringan 5G dapat mendorong situasi yang lebih stabil pada kuartal ketiga 2020.

Baca Juga :  Anjuran Tetap Dirumah. Gubernur Gorontalo Justru Membuat Keramaian

“Secara keseluruhan Skenario diperkirakan akan stabil dari kuartal ketiga tahun ini karena, situasi COVID-19 mudah-mudahan membaik, serta rencana 5G yang mengambil langkah-langkah global.” ujar Srivastava.

Sumber.

Leave a Reply