Pengocokan Ulang Jabatan di Entitas Ahok Dalam Pertamina

Genbisnis – PT Pertamina (Persero) tercatat mengalami kerugian lebih kurang Rp 11 triliun dalam semester I/2020. BUMN tenaga ini tengah mengupayakan aneka macam antisipasi supaya kerugian tidak semakin besar. Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini mengatakan, kerugian Pertamina tadi terkait pandemi virus corona ( Covid-19) & pemberlakukan PSBB. Selain hal tersbut, Basuki Tjahaja Purnama selaku Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) menyampaikan perlunya penempatan jabatan sesuai dengan kompetensi untuk meningkatkan kompetensi kerja secara keseluruhan.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ingin menerapkan sistem pengocokan ulang jabatan di entitasnya seperti yang pernah ia lakukan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beberapa tahun lampau. Sistem tersebut dilakukan untuk menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensinya.

Baca Juga :  BBM Per 1 Mei Jadi Turun? Ini Rincian Hitungannya

“Semua dikocok ulang, dilantik ulang seperti waktu di Monas. Maksud saya harusnya begitu, baru didapatkan yang terbaik dari yang terbaik,” kata Ahok dalam sesi wawancara bersama seniman Butet Kartaredjasa dalam sesi Butet Srawung yang diunggah melalui Youtube pribadi Butet, sepekan lalu.

Ahok menceritakan, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta lalu, ia pernah memangkas pejabat dari 11 ribu menjadi 6.000. Langkah tersebut dilakukan guna mendorong efektivitas dan efisiensi lembaga.

Di samping melakukan pengocokan ulang, di Pertamina, Ahok juga ingin memperbaiki sistem kompitisi dalam memperoleh kursi jabatan. Ia pun akan menghapus warisan lama yang membuat pegawai hanya bisa memperoleh kedudukan tertentu berdasarkan periode waktu bekerjanya.  

Baca Juga :  Sudah Tahu Belum, Pertamina Jual Pertalite Dengan Harga Premium?

Sistem ini dilakukan melalui evaluasi atau penilaian. “Kalau kamu tes, bagus bisa loncat empat-lima kali,” katanya.

Ahok pun mengungkapkan tak butuh lelang untuk membuka kompetisi kursi jabatan. “Kotak lelang hanya buat yang pensiun, yang kosong,” ucapnya.

RID, SUMBER

Leave a Reply