Penjelasan Erick di DPR Perihal Bisnis Bank

GenBisnis – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disajikan rencana untuk memperkuat fokus bank-bank negara. Menteri BUMN Erick Thohir ingin bank pemerintah bisa memperluas dan mampu bersaing dengan bank-bank asing.

Erick mengatakan, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), yang merupakan hasil dari penggabungan empat bank, yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim ), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), memiliki kekuatan bagian dari keuangan perusahaan.

“Oleh karena itu, sebagaimana bank kami telah bersiap terhadap pesaing-pesaing bank asing di pasar lokal. Sebagai contoh, Bangkok Bank, yang mengakuisisi Bank Permata atau BCA, yang tumbuh pesat di pasar [saham) dengan kapitalisasi sangat baik “kata Erick, dalam menghadirkan roadmap BUMN selama pertemuan dengan Komisi VI DPR, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga :  Bank CIMB Niaga Menyampaikan Satu Karyawannya Positif COVID-19

ditegaskan Erick, bahwa Bank Mandiri harus mampu bersaing dengan bank-bank pesaing dan dapat memberikan dampak ekonomi dalam bentuk kesempatan kerja.

Pada kesempatan yang sama, Erick juga menyajikan rencana untuk pengembangan bank yang lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), yang mengatakan ia harus tetap fokus pada mikro pembiayaan, usaha kecil dan menengah (UMKM).

Bank Mandiri dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tidaklah dipaksa untuk bermain di sektor UMKM untuk infrastruktur BRI yang telah berakar di sektor ini.

“Bukan berarti BRI dilarang [pinjaman kredit] korporasi tetapi tujuan utama adalah UKM, membina tingkat ritel dan mikro untuk saat ini kemacetan sekarang sangat kecil, saya pikir itu 0,01% -0,05% “kata Erick.

Baca Juga :  Erick Berencana Menutup PT Garuda Tauberes Indonesia dan 4 lainnya

Sumber.

Leave a Reply