Pentingnya Barcode Untuk Kemajuan Bisnis Ritel

GenBisnis, Surabaya – Bisnis proses ritel saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan pengkodean barang atau yang lazim kita sebut barcode. Setiap barang yang dijual diberi kode tertentu yang tidak sama dengan jenis barang yang lainnya.

Hal ini jelas mempunyai tujuan untuk tidak terjadi lagi kasir salah input barang di aplikasi kasir sehingga bisa menyebabkan kerugian baik bagi pelanggan ataupun pemilik bisnis. Selain itu barcode juga memudahkan pelaku bisnis menganalisa stok barang yang dimiliki di gudang mereka.

Dahulu sebelum ditemukannya barcode, pelaku bisnis ritel menggunakan nama untuk mengidentifikasi barang yang terjual. Atau bahkan dalam kasus yang lebih ekstrem hanya dengan menghafal barang yang dijual. Kelemahannya tentu saja di daya ingat yang menurun atau yang bersangkutan sedang berhalangan hadir, maka bisnis akan lumpuh.

Dalam dunia bisnis ritel modern penggunaan barcode sangat jamak ditemukan. Barcode akan dibaca menggunkan alat bernama scanner barcode. Setelah dibaca akan masuk ke aplikasi kasir untuk dilanjutkan proses hingga terjadi penjualan.

Baca Juga :  Bisnis yang Cocok Untuk Kalangan Mahasiswa Modal Kecil Tapi Untung Besar

Banyak sekali kegunaan penggunaan sistemasi komputerisasi kasir seperti ini bagi pelaku bisnis juga konsumen. Seperti yang disampaikan oleh Anita Sujayanti, sales manager dari Codeshop Indonesia, salah satu penyedia perlengkapan kasir ternama di Indonesia, “Penting sekali bagi pelaku bisnis untuk memastikan bisnisnya telah tersistemasi dengan baik. Hal ini sangat menguntungkan kedua belah pihak baik pelaku bisnis maupun konsumen”.

“Bagi pelaku bisnis, akan ada sistem yang memungkinkan bisnis akan berjalan dengan lancar tanpa mengharuskan pelaku bisnis berada di lokasi bisnisnya. Dan bagi konsumen, mereka akan merasa lebih aman karena transaksi yang dilakukan tersistem dengan baik, sehingga meminimalisir kesalahan manusia, dalam hal ini adalah (person) kasir”, jelasnya saat ditemui GenBisnis, Sabtu (7/3/2020).

Namun yang mesti diperhatikan adalah jenis usaha yang Anda jalankan. Akan jadi berbeda perangkat yang Anda butuhkan jika usaha yang dijalankan berbeda. Misalkan jika usaha Anda adalah restoran mesin kasirnya akan berbeda dengan minimarket.

Restoran tidak membutuhkan barcode, karena sifatnya lebih ke pelayanan meskipun ada barang yang dijual. Makanan dan minuman yang dijual tidak memerlukan barcode mengingat varian yang tidak banyak.

Baca Juga :  Geprek Bensu Milik Ruben Onsu Kalah Banding Secara Hukum

Berbeda untuk ritel, umumnya varian yang dijual sangat banyak hingga ribuan. Akan sangat beresiko terjadi kesalahan jika tidak menggunakan barcode. Disarankan untuk tidak terburu-buru membeli perangkat kasir untuk mendukung bisnis Anda. Diskusikan dahulu dengan penjual perangkat kasir apa saja kebutuhan Anda.

Kasir pada bisnis ritel

“Sebaiknya Anda konsultasikan dahulu apa kebutuhan Anda kepada kami, agar sales persn kami bisa berikan solusi perangkat mana yang tepat untuk bisnis Anda. Bisa Anda kunjungi website kami di codeshop.co.id, disana ada contact dimana saja outlet cabang kami di seluruh Indonesia. Konsultasikan saja dengan kami, dengan senang hati akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda”, tutupnya meyakinkan.

(Gen)

One Reply to “Pentingnya Barcode Untuk Kemajuan Bisnis Ritel”

Leave a Reply