Pentingnya Menyediakan Air Mineral Saat Berkendara

GenBisnis – Air dan makhluk hidup tak dapat dipisahkan. Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwasannya air memberi banyak sekali manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Banyak orang yang dapat menahan lapar, namun tidak banyak yang dapat menahan rasa haus yang ada. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Salah satu cara dalam menjaga kesehatan ialah dengan minum cukup air putih.

Karena tubuh yang kekurangan cairan bisa berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Kamu pun pasti sering mendengar kalau tubuh memiliki kandungan air kurang lebih 75% dan itulah alasan mengapa kamu tak akan bisa hidup tanpa air. Air memegang peranan yang sangat penting untuk tubuh. Kalau sampai kekurangan air, tubuh bisa mengalami dehidrasi dan ini dampaknya bisa sangat buruk.

Baca Juga :  Mendukung WFH, PLN Terapkan Layanan Satu Pintu

Berikut empat dampak tubuh kekurangan air mineral yang dikutip dari Fimela.com:

1. Daya Konsentrasi Bisa Menurun

Ketika tubuh kurang cairan, asupan air ke dalam otak akan terganggu. Kurang minum air putih bisa membuat kamu tak fokus. Daya konsentrasi saat menyetir bisa menurun tajam. Itulah mengapa kamu disarankan minum paling tidak 1 gelas penuh air mineral pagi hari setelah bangun tidur. Dan mencukupi kebutuhan cairan sepanjang hari, khususnya saat mengemudi.

2. Susah Mengendalikan Emosi

Mengemudi atau menyetir dalam keadaan emosional bisa sangat berbahaya. Rentan kecelakaan dan membuat tubuh juga jadi cepat lelah. Kekurangan cairan ini juga bisa mempengaruhi mood seseorang, kita bisa jadi mudah tersinggung dan sensitif saat dehidrasi. Emosi dan mood jadi susah dikendalikan.

3. Tubuh Jadi Mudah Lelah

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tekanan darah akan turun, detak jantung lebih cepat sehingga kamu jadi mudah lelah. Mengemudi dalam keadaan tubuh lelah jelas sangat berbahaya. Kamu jadi mudah letih dan mudah kram otot karena kurang cairan tubuh. Jadi selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh selama mengemudi, ya.

Baca Juga :  Trik Menyimpan Bahan Makanan Tanpa Kulkas

4. Pusing atau Sakit Kepala

Saat dehidrasi, sirkulasi darah ke otak bisa berkurang. Efeknya kamu akan mengalami pusing atau sakit kepala. Kurangnya cairan tubuh bisa mempengaruhi tingkat serotonin dalam tubuh. Sehingga bisa membuat kepala pusing. Dan mengemudi dalam keadaan pusing sangatlah berbahaya.

Nah, itu tadi sejumlah risiko dan bahaya yang mengintai kalau kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama mengemudi. Jadi pastikan air putih selalu siap sedia selama kamu mengemudi, ya Ladies. Semoga infonya bermanfaat.

(EK) Sumber

Leave a Reply