Perhatikan Hal Berikut Saat Ingin Memulai Bisnis Bareng Teman

Genbisnis, Jakarta – Jika Anda dan teman Anda adalah wirausahawan atau wirausaha yang bercita-cita tinggi, brainstorming ide bisnis baru mungkin sangat menyenangkan.

Dan ketika Anda mendapat ide bisnis yang sangat bagus, Anda ingin merealisasikan semangat wirausaha itu. Ini bisa menjadi keputusan yang bagus. Namun, ketahuilah bahwa ada cara yang tepat untuk memulai bisnis dengan teman, dan juga cara yang tidak terlalu benar.

Dilansir melalui Fundera, memulai bisnis memang tidak mudah. Dan bermitra dengan orang favorit Anda akan mengurangi sebagian dari stres itu, atau setidaknya membuatnya lebih menyenangkan.

Anda juga perlu memastikan bahwa koneksi pribadi tidak akan memicu praktik bisnis yang ceroboh.

Emosi dapat memengaruhi operasional bisnis yang Anda jalani dengan teman, atau siapapun dalam hal ini, tetapi Anda juga perlu mengendalikan emosi itu untuk menjalankan bisnis Anda secara profesional.

Baca Juga :  Ingin Mengganti Nasi Saat Berbuka ? Berikut Makanan Yang Juga Mengandung Karbohidrat

Dengan demikian, memulai bisnis dengan teman mungkin dilakukan dengan beberapa langkah terbaik yang dapat Anda ikuti.

Menurut beberapa pengusaha yang berhasil memadukan bisnis dan persahabatan berikut saran tentang apa yang harus dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan, ketika Anda memulai bisnis dengan teman.

Hal yang harus dilakukan:

1. Jaga komunikasi dengan baik.

Ketika menjalani bisnis dengan orang lain, biasakan untuk mengkomunikasikan semua keputusan penting. Jangan membuat janji bisnis sendirian. Meskipun secara alami Anda memercayai teman-teman Anda, Anda masih perlu berkomunikasi dengan jelas tentang segalanya. Terutama untuk masalah yang sulit.

2. Tentukan peran masing-masing.

Tentukan dengan jelas jabatan dan tanggung jawab pekerjaan Anda di awal usaha. Ini akan memastikan bahwa organisasi Anda berjalan dengan lancar, dan meminimalkan risiko kebingungan, dan bahkan perebutan kekuasaan ketika bisnis mulai berkembang.

Baca Juga :  Toko Durian Di Thailand Laris Manis, Sebab Dipenuhi Pria Berbadan Atletis

3. Tulis dengan jelas rencana bisnis.

Menyusun peta strategis untuk 1 hingga 5 tahun ke depan dalam kelangsungan bisnis Anda sangat penting untuk segala jenis usaha.

Bahkan, menyewa pengacara bisnis untuk membantu Anda menyusun rencana usaha mungkin adalah ide baik. Kita tidak pernah yakin akan masa depan, jadi pastikan semuanya memiliki rencana alternatif serta susun klausul yang melindungi kedua belah pihak jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk mengakhiri hubungan bisnis.

Lalu apa saja hal yang tidak boleh dilakukan, simak di halaman selanjutnya:

One Reply to “Perhatikan Hal Berikut Saat Ingin Memulai Bisnis Bareng Teman”

Leave a Reply