Perlukah Kita Mendaftarkan Merek Usaha?

Merek merupakan simbol pengenal atau identitas perusahaan, baik itu offline maupun online. Merek merupakan pembeda usaha kita dengan yang lainnya. Hanya dengan merek orang dapat mengenali dengan mudah usaha kita.

Semakin kedepan persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, hal ini tentunya terkadang membuat rawannya pembajakan atau plagiatisme. Mungkin merek usaha kita nantinya juga bisa di ditiru dan sama persis dengan usaha lainnya. Seperti cotoh kasus geprek bensu, dimana sang pemilik asli atau pemilik merasa di rugikan dengan geprek bensu yang baru. Kasus tersebut dapat dijadikan pelajaran untuk mendaftarakan merek usah ke HKI (Hak Kekayaan Intelektual).  Pendaftaran merek HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dapat memberikan manfaat bagi usaha dan mencegah adanya penyalahgunaan merek usaha yang merugikan perusahaan. Beberapa ini alasan kenapa kita perlu mendaftarkan merek usaha.

Baru akan mendapatkan perlindungan setelah terdaftar

Baca Juga :  Musim Tebar Deviden, Siapa Yang Paling Menarik?

Merek yang telah terdaftar dan telah memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM akan memiliki perlindunagan dan hak eksklusif dengan kurun waktu selama sepuluh tahun sejak tanggal penerimaan dan untuk jangak waktu data dilakukan perpanjangan. Jadi orang tidak mudah dengan gampangnya untuk menggunakan atau meniru  merek kita.

Sebagai Identitas Produk

Merek diartikan sebagai Identitas yang meliputi gambar, logo nama, kata, huruf angka dan tampilan secara grafis. Merek merupakan identitas untuk di kenali. Merek ini bersifat unik yang mebedakan kamu dengan yang lain.

Sebagai Pembeda dengan Produk Lain

Merek merupakan tanda pengenal sekaligus pembeda dengan merek produk lain. Pembeda ini bisa berupa klasifikasi usaha yang berbeda, kualitas antara produk kamu dengan produk merek lain.

Hak Eksklusif atas Merek Dengan Dilakukannya Pendaftaran Merek,

Hak eklusif ini kamu dapat menggunakan merek kamu sendiri. Kamu dapat memberikan izin kepada pihak lain  untuk menggunakan merek kamu yang telah terdaftar atau memberikan lisensi

Baca Juga :  Wulan Guritno Larang Anaknya Pulang ?

Melindungi Merek dari Pembajakan

Pembajakan sering kali terjadi dalam dunia usaha yang memiliki dampak pada usaha .  Dengan terdaftarnya merek usaha kita memiliki hak untuk dapat mengajukan gugatan dan pembatalan terhadap merek terdaftar.

Penjelasan diatas menggambarkan bagaimana peran penting mendaftar merek usaha yang merupakan aset yang harus dilindungi. Jika kamu punya perusahaan atau usaha kamu dapat mendaftarkan merek supaya terdaftar dan menjadi alat bukti jika ada penyalahgunaaan.

(MEB)/Sumber:

Leave a Reply