Perombakan Komite Covid-19, Airlangga Hartarto Ambil Alih Peran Erick Thohir?

Genbisnis, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengambil alih kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengoordinasi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pengambilalihan kewenangan dari Erick ke Airlangga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.108/2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Presiden dalam pertimbangan beleid menjelaskan bahwa perubahan substansi dalam Pepres terkait Komite Penanganan Covid-19 dan PEN ditujukan untuk mengoptimalkan peran komite yang sudah berjalan sejak Juli 2020 lalu.

Pasal itu menegaskan bahwa tugas Ketua Komite adalah mengoordinasikan pelaksanaan tugas komite dan menetapkan kebijakan yang terkait penanganan Covid-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional.

Baca Juga :  Ribuan Buruh Demo Tolak Omnibus Law ke Istana 2 November

Tugas tersebut, jika dalam beleid yang lama, merupakan kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick sendiri dalam stuktur Komite Covid yang baru bertugas sebagai Wakil Ketua IV dan Ketua Tim Pelaksana, yang tugasnya membantu Ketua Komite dalam mengorganisasi dan mengintegrasikan pelaksanaan Komite Covid -19.

(dv) sumber.

Leave a Reply