Jokowi Ingatkan Gubernur Akan Potensi Resesi

GenBisnis. Bogor – Negara Indonesia berpotensi akan mengalami resesi ekonomi jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal III kembali minus. Presiden Joko Widodo pun mengingatkan para Gubernur untuk  mempercepat belanja daerah guna menaggulangi hal tersebut.

“Kita masih punya waktu satu bulan. Masih ada kesempatan pada September ini. Kalau pertumbuhan ekonomi masih pada posisi minus, kita masuk resesi,” ucap Jokowi dalam Rapat Terbatas mengenai Pengarahan Presiden kepada Para Gubernur Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (1/9).

Resesi Ekonomi sendiri merupakan kondisi dimana suatu negara mengalami kemerosotan (minus) dalam pertumbuhan ekonomi selama 2 kuartal berturut-turut. Pada kuartal II 2020, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi -5,32%.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta kepada para kepala daerah provinsi untuk segera melakukan belanja daerah. Pemerintah provinsi diharapan untuk segera melakukan belanja kebutuhan barang, modal dan bantuan sosial untuk menggenjot tingkat konsumsi masyarakat dan bisa memulihkan ekonomi daerah.

Baca Juga :  5 Ide Bisnis Kuliner Kekinian

Mantan walikota solo ini mencatat, rata-rata nasional untuk belanja APBD provinsi hingga 27 Agustus 2020 masih di angka 44% dari target yang sudah ditetapkan. Sedangkan belanja APBD kabupaten / kota hanya mencapai 48,8% dari target.

“Hati-hati mengenai ini. Aceh untuk belanja baru berapa persen. Sumatera Utara baru berapa persen. Bengkulu juga,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi pun memastikan bahwa dirinya akan terus memantau realisasi belanja APBD setiap hari. Oleh karenanya, ia meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan belanja daerahnya masing-masing, terutama yang masih rendah.

Ia juga memantau pertumbuhan ekonomi di setiap provinsi. Pada kuartal II lalu, pertumbuhan ekonomi yang positif hanya terjadi di Papua dan Papua Barat dengan capaian masing-masing 4,52% dan 0,53%.

Baca Juga :  Tips Bertahan Jika Resesi Ekonomi Melanda Indonesia

Ia berharap dengan segera merealisasikan belanja daerah, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi agar bisa meningkat. “Itu sangat penting bagi perekonomian daerah, penting menjaga kelangsungan daya beli dan konsumsi rumah tangga masyarakat kita,” pungkas Jokowi.

(DRA) Sumber.

Leave a Reply