RI-GHA COVID-19 Buatan Anak Bangsa Dapat Izin Edar dan Siap Produksi Massal

GenBisnis, Jakarta – Bambang Brodjonegoro selaku Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional menjelaskan bahwa salah satu alat rapid test RI-GHA COVID-19 yang merupakan buatan anak bangsa telah mendapat izin edar dari Kementrian Kesehatan dan pihaknya siap untuk memproduksi dalam jumlah besar pada Juli dan Agustus 2020.

“Bulan (Juli) ini, kami targetkan bisa memproduksi 200 ribu unit rapid test, tetapi bulan depan (Agustus) dipastikan kita sudah bisa memproduksi 400 ribu unit,” kata Bambang saat saat konferensi pers peluncuran inovasi produk RI-GHA COVID-19 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, kemarin (9/7/2020).

Ia melanjutkan, 4.000 kit rapid test antibodi RI-GHA COVID-19 telah diakurasi di beberapa rumah sakit di Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. Sementara itu, sekitar 6.000 kit juga telah diuji lapangan di sejumlah puskesmas, salah satunya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga :  Omnibus Law Jadi Solusi Tingkatkan kemudahan bisnis atau Ease of Doing Business (EODB).

“Alat rapid test tersebut sudah telah teruji sensitivitas (98 persen) dan spesifitasnya (96 persen) melalui uji laboratorium terhadap orang Indonesia,” lanjut Bambang dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Leave a Reply