RSCM Banjir, Bagaimana Nasibnya?

GenBisnis – Hujan sepanjang Minggu (23/02/2020) dini hari berakibat banjir disekitaran daerah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk pertama kalinya.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, penyebab dari banjir di RSCM karena saluran air yang terlalu kecil.

Banjir RSHM awalnya hanya sampai pergelangan kaki atau hanya sekitar 8 cm, itu terjadi pukul 05.00 WIB. Banjir datang ke ruangan radiologi dan radioterapi sampai mengenai sejumlah peralatan medis.

Beberapa pasien juga sudah terlihat menunggu di ruang tunggu untuk pemeriksaan radiologi.

Kepala Humas RSCM, dokter Ananto mengungkapkan, proses pengeringan alat radiologi yang membanjiri akan dilakukan pagi ini.

“Proses pengeringan alat radiologi yang terkena genangan air telah selesai, dan pagi ini akan dilakukannya cek fungsi alat tersebut bersama dengan pemasok terkait,” kata Ananto, Senin (2020/01/24) dokter.

Baca Juga :  Ini dia Pentingnya Melakukan Hobi Saat di Tengah Kesibukan

Oleh karena itu, kegiatan pemeriksaan radiologi tetap normal, tetapi akan dilaksanakan di ruangan lain.

“Pelayanan radiologi tetap akan dilakukan seperti biasanya dan akan dilakukan dibeberapa unit lain seperti ruangan UGD, Kencana dan Kiara,” katanya.

Ketika ditanya total kerugian dari banjir yang menggenangi alat-alat kesehatan rumah sakit, dokter Ananto tidak dapat menyebutkan spesifik dari total kerugian.

“Hari ini, masih dalam uji fungsi, jadi masih belum diverifikasi apakah perangkat dalam kondisi rusak atau tidak,” pungkasnya.

Sumber.

Leave a Reply