Selangkah Lagi, Efektivitas Vaksin Moderna Capai 94,1 Persen

Genbisnis, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan vaksin besutan Moderna Inc. dilaporkan aman dan efektif untuk menangkal Covid-19 pada manusia dengan usia 18 ke atas.

Jika semua berjalan lancar, maka vaksin Moderna akan menyusul Pfizer mendapatkan izin pengggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Dilansir Bloomberg, Selasa (15/12/2020), FDA AS melaporkan vaksin Moderna memiliki efektivitas 94,1 persen dalam mencegah penularan Covid-19.

Pada pekan lalu, FDA mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer dan BioNTech SE setelah panel melakukan voting dengan hasil 17-4 dengan 1 suara abstain.

Data Moderna menunjukkan vaksin tersebut memiliki keefektifan bagi usia di atas 65 tahun mencapai 86,4 persen, sedangkan tingkat efektifitas bagi usia 18-65 tahun sebesar 95,6 persen.

Baca Juga :  Tetap Bisa Berbisnis Meski Tidak Punya Modal

Kebanyakan efek samping yang dilaporkan setelah vaksin disuntikkan saat uji klinis adalah pusing dan kelelahan.

Baik vaksin dari Moderna maupun Pfozer merupakan vaksin berbasis teknologi RNA yang belum pernah digunakan untuk vaksin sebelumnya.

Kedua vaksin tersebut harus disuntikkan sebanyak 2 dosis sehingga masyarakat yang sudah divaksin untuk pertama kalinya harus kembali disuntik vaksin selang sepekan setelahnya.

Berbeda dengan Pfizer yang sudah mengantongi izin penggunaan darurat di Inggris dan Amerika Serikat, vaksin produksi Moderna belum mengantongi izin serupa di negara manapun.

(DO) Sumber.

Leave a Reply