Semeru Muntahkan Lava Pijar Sampai 1 km

GenBisnis, Lumajang – Gunung Semeru memuntahkan lava pijar sejauh 300 hingga 1.000 meter dari ujung lidah lava. Atau sekitar 750 meter dari kawah. Dan menyebabkan awan panas sejauh 3.000 meter.

Luncuran lava pijar mengarah ke Besuk Bang, Besuk Kembar dan Curah Kobokan. Meski memuntahkan lava, status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu tetap di level II, waspada.

“Gunung Semeru mengalami guguran lava dengan jarak luncur 300-1.000 meter dari ujung lidah lava. Atau kurang lebih 750 meter dari kawah,” ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Kamis (5/3/2020).

Dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 4 Maret 2020 pukul 00.00 – 24.00 WIB, secara visual Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar 16 belas kali. Kemudian ada enam kali letusan dengan tinggi asap 100 hingga 200 meter.

Baca Juga :  Bos Ducati Berharap Rossi Tidak Buru-buru Berhenti Dari MotoGP

Asap putih tebal condong ke arah utara. Gunung Semeru juga mengalami satu kali embusan dan satu kali getaran banjir lahar hujan.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di radius satu kilometer. Kemudian sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif, yang merupakan jalur luncuran awan panas.

“BPBD Kabupaten Lumajang mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan menjaga kewaspadaan, serta tidak melakukan aktivitas di dalam radius satu km dan wilayah sejauh empat km di sektor lereng selatan-tenggara,” pungkas Wawan.

Sumber.

Leave a Reply