Sering Stres? Inilah Penyebabnya Utamanya dan Cara Mengatasinya

GenBisnis – Faktor penyebab stress adalah berbagai masalah yang terjadi dalam kehidupan. Stress kerap kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stress juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita.

Stress adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Dengan kata lain, stress merupakan cara tubuh kamu menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.

Namun, perlu Kamu ketahui bahwa stres itu tidak selalu buruk. Ada stres yang baik, disebut eustress, yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. Stres itu diadaptasi dengan baik oleh tubuh sebagai respons normal dan memberikan rasa nyaman dalam melakukannya.

Baca Juga :  Passion, Ide, Skill, Atau Modal? Manakah Yang Lebih Penting Saat Ingin Membangun Bisnis

Sebaliknya, ada stres yang buruk, disebut distress, yang membuat orang tidak nyaman, baik secara fisik maupun psikis. Stres itu diakibatkan respons adaptasi yang kurang baik. Banyak hal yang menimbulkan stres, entah pekerjaan, keuangan, lingkungan sekitar. Namun Hello Sehat mencatat empat hal yang bisa membuat orang stress:

1. Membohongi diri sendiri

Banyak orang jaga citra karena ada ketidaksesuaian antara logika dan perasaan. Apa yang dipikirkan serta diucapkan berbeda dengan apa yang dirasakan. Mereka kerap membohongi diri sendiri untuk membahagiakan orang banyak, termasuk tuntutan pekerjaan yang sebenarnya tidak lagi masuk akal.

Leave a Reply