Stadion Utama di Ibu Kota Baru Bakal Tiru Desain Jepang

GenBisnis, Jakarta – Ibu Kota Baru akan pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim) disebut-sebut siap menjadi tuan rumah Olimpiade di 2032. Dalam rangka mewujudkan ambisi ini, pemerintah juga akan membangun stadion utama di sana.

Menurut Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, rencananya desain stadion utama bakal meniru seperti Tokyo National Stadium atau New National Stadium, yang akan digunakan sebagai tempat utama untuk Olimpiade 2020 nantinya.

“Kalau dari kajian kita terhadap sarana olahraga yang sudah ada (mungkin) seperti Tokyo, itu ada stadion utama, ada aquatic, athletic, ini sangat mungkin dilakukan (menyiapkan stadion di Ibu Kota Baru),” ujar Danis ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga :  Cegah Corona, Korut Tidak Segan-Segan Akan Tembak Mati Warga China Jika Dekati Perbatasan

Sementara itu, terkait pemanfaatan bangunan di sekitar stadion utama setelah periode Olimpiade berakhir, konsep ini akan meniru Australia. Dimana, kemudian, setelah Olimpiade 2020 berakhir, bangunan atau rumah atlet di kawasan Homebush Bay Sydney Olympic Park dijual ke publik.

“Dulu di Australia tahun 2000 itu, pemerintah di Australia itu kan membangun stadion di daerah Homebush,itu kota kecil, misalnya sebesar BSD, sesudah olimpiade itu dijual kepada masyarakat, perkampungan atletnya itu,” tambahnya.

Selain itu, Danis mengatakan bahwa pembangunan stadion baru dapat dibangun pada tahun 2025. Artinya, pembangunan dimulai setelah program kerja seluruh pembangunan New Capital selesai pada 2020-2024 nanti. Rencananya, stadion Olimpiade akan dibangun di klaster perumahan Non ASN / Umum Ibu Kota Baru.

Baca Juga :  Dinilai Tidak Tepat, Inilah Alasannya Kenapa Iuran BPJS Harus Naik

“Stadion ini memang masuk dalam klaster Ibu Kota Negara, tapi kalau bicara sampai 2024, pembangunannya baru sesuai program kerja awal pembangunan IKN,” imbuhnya.

Untuk perkembangannya sendiri mungkin bakalan berjalan lama sekitar 5 tahun atau pada tahun 2030 daerah stadion telah selesai seluruhnya.

“Tergantung, tapi biasanya pembangunan seperti itu bisa sekitar 5 tahun, asal konsep jelas, ada areanya dan ada datanya,” pungkasnya.

Sumber.

Leave a Reply