Tarif Ojol Naik Rp 100/Km, Bagaimana Menurutmu?

GenBisnis, Jakarta – Kepastian naiknya tarif sepeda motor secara online masih dibahas Kementerian Perhubungan. Kabar terakhir, sudah ada kesimpulan akhir untuk tarif kenaikan ojol di Jabodetabek Rp 100 per kilometer atau Rp 2.100 per kilometer.

kenaikan tarif awalnya diusulkan naik menjadi Rp 2.500 per kilometer. Lalu, apa yang driver ojol katakan tentang naiknya harga yang diusulkan Kemenhub?

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono mengatakan hingga saat ini driver menyerahkan dan mempercayaan sistem dari kenaikan tarif kepada Kementerian Perhubungan.

“Mekanisme tarif kami serahkan ke Kementerian Perhubungan sebagai regulator,” kata Igun, Selasa (03/03/2020).

Menurut dia, dalam menghitung kenaikan tarif Kemenhub akan didasarkan pada biaya modal driver dan operasional. Selain itu, perhatikan kemampuan pembayaran pihak konsumen.

Baca Juga :  720.000 Masker Dari Facebook untuk Perangi Corona

Sementara itu, menurut driver sendiri keinginan untuk menaikkan tarif sebesar 10% atau meningkat sebesar Rp 200. Dengan demikian, tarifnya Rp 2.200 per kilometer.

Seperti diketahui dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 348 tahun 2019, tarif diatur oleh skema zonasi. Jabodetabek sendiri masuk ke dalam zona kedua pada tingkat per kilometer hanya Rp 2.000.

“Garda pernah memberikan usulan tarif Zona 2 Jabodetabek, meningkat 10% dari nilai exiting yang sekarang yaitu Rp. 2200/km atau cukup Rp. 2250/km nett tanpa potongan,” kata Igun.

Direktur Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, sudah ada kesimpulan akhir dari pembahasan kenaikan tarif ojol. Namun, tidak bisa diputuskan karena masih harus ada yang melaporkan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga :  Driver Ojol Rela Tak Angkut Penumpang Demi Aturan PSBB, Asal...

“Kemarin sudah final. Tapi harus ada diskusi lagi melaporkan kepada pak Menteri, dalam waktu dekat ini akan selesai, yang jelas kita akan menaikkan tarif,” kata Budi di sela-sela Rakornis Ditjen Darat Dephub, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Sumber.

Leave a Reply