Tenang, Inilah 6 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

GenBisnis – Emosi merupakan respons yang dirasakan dari dalam tubuh terhadap situasi tertentu. Emosi memainkan peran kunci dalam reaksi, karena sangat berpengaruh pada kehidupan. Ketika merasakan emosi yang positif, tentu akan berdampak baik pada setiap hal yang Anda lakukan.

Setiap manusia pasti akan memiliki emosi. Kemampuan untuk mengekspresikan emosi ini sangat penting bagi kita. Karena ekspresi dari emosi ini akan mempengaruhi kondisi mental kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sementara apabila seseorang bisa mengelola dan mengontrol emosi negatifnya maka ia akan lebih siap menghadapi situasi apa pun. Berikut ini cara mengontrol dan mengatasi emosi negatif yang datang pada waktu tak pasti, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Baca Juga :  6 Langkah Jitu Untuk Mecapai Kesuksesan Dalam Hidup dan Karir

Simak 6 tips jitu untuk mengendalikan emoji pada diri sendiri

1. Menenangkan diri

Dari perspektif manajemen marah, marah bisa dilihat sebagai sebuah siklus agresi (aggression cycle) yang terdiri dari eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Oleh karena itu, saat Anda marah, tenangkan diri sehingga siklus agresi Anda berantakan. Dengan pikiran tenang, Anda bisa berpikir logis dan mencari solusi.

Untuk menenangkan diri, Anda bisa melakukan cara-cara berikut:

  • Tarik napas dalam-dalam – Saat menarik napas, fokuskan pikiran Anda pada napas yang masuk ke hidung atau bayangkan pemandangan yang indah. Lakukan berulang sehingga Anda bisa menurunkan emosi sedikit demi sedikit.
  • Hitung 1 s.d 10 – Dalam hati, hitung dari satu sampai sepuluh secara perlahan untuk meredakan emosi. Jika perlu, lakukan beberapa kali.
  • Alihkan perhatian – Anda bisa mengalihkan perhatian pada hal-hal lain seperti menonton TV atau pergi ke toilet.

Leave a Reply