Terinfeksi Covid-19, Ini 8 Organ Dalam Yang Terdampak

GenBisnis, Jakarta- Hingga Rabu (22/4/2020) tercatat sebanyak 2,5 juta orang yang terinveksi Covid-19.

Selain menggunakan masker, dan juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), membiasakan cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak ditekankan untuk seluruh masyarakat demi mencegah penularan virus corona.

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah di terapkan di sejumlah daerah.
Pemerintah juga tengah mengupayakan berbagai cara guna memutus tali penyebaran virus berbahaya ini. Lalu, seberapa berbahayakah Covid-19 ini?

Dr Dirga selaku ahli Vaksin dari OMNI Hospital Pulomas, SpPD mengungkapkan, bahwa virus corona masuk melalui saluran napas atas lalu menyebar kedalam paru-paru.

“Virus masuk lewat saluran napas atas, menyebar ke paru, mencetuskan reaksi radang yang sistemik dan masif,” ujar Dirga kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Dirga menjelaskan, dampak dari virus ini masuk ke dalam tubuh manusia, itu akan berdampak ke seluruh organ. Seperti otak, mata, hidung, paru, jantung dan pembuluh darah, hati, ginjal, dan usus.

Dan ungkapnya, belum ada obat yang dinilai efektif untuk menyembuhkan seseorang dari Covid-19.

Baca Juga :  Ketiga Pasien Sembuh dari Virus Corona dan Berikan Pernyataannya di RSPI Sulianti Saroso

Sementara itu, Dirga mengunggah di akun Twitternya, @dirgarambe, ia mengunggah gambar yang menunjukkan dampak Covid-19 bagi delapan organ tubuh manusia pada Sabtu (18/4/2020).

Berikut rincian delapan organ tersebut:

  1. Paru-paru
    Pada potongan melintang menunjukkan sel-sel kekebalan (sel imun) berkerumun dan alveoli meradang, yang dindingnya rusak selama serangan virus corona. Hal ini dapat mengurangi fungsi pengambilan oksigen. Sehingga pasien mengalami batuk, demam meningkat, dan kesulitan bernapas.
  2. Hati
    Enzim pasien yang meningkat menandakan bahwa hati tengah berjuang untuk melawan virus corona. Sisem kekebalan yang bekerja terus-menerus dan obat-obatan yang diberikan dapat menyebabkan kerusakan.
  3. Ginjal
    Ginjal akan sering rusak pada kasus yang parah dan mungkin bisa menyebabkan kematian. Virus tersebut dapat menerjang ginjal secara langsung. Penurunan tekanan darah menjadi bagan dari gagal ginjal.
  4. Usus
    Sekitar 20% pasien Covid-19 mengalami diare. Oleh karena itu, berdasarkan laporan dari pasien juga berdasarkan data biopsi menunjukan virus ini dapat menginveksi saluran pencernaan bagian bawah yang kaya akan ACE2.
  5. Otak
    Beberapa pasien Covid-19 mengalami stroke, kejang, kebingungan mental, dan radang otak. Dan Dokter masih mencoba memahami gejala mana yang secara langsung disebabkan oleh virus.
  6. Mata
    Kerusakan pnglihatan dapat terjadi pada pasien yang sudah akut seperti konjungvitis, radang selaput yang melapis bagian mata dan kelopak mata bagian dalam.
  7. Hidung
    Beberapa pasien mengaku kehilangan indera penciumannya. Mengatasi kejadian ini, para ilmuwan berspekulasi bahwa virus dapat naik ke ujung saraf hidung dan merusak sel.
  8. Jantung dan pembuluh darah
    Ketika virus memasuki sel, kemungkinan juga virus dapat masuk kelapisan pembuluh darah, dengan mengikat reporter ACE2 pada permukaan sel. Pembekuan darah, serangan dan peradangan jantung dapet terjadi jika terinfeksi.
Baca Juga :  Sudah 1,4 Juta Registrasi Kartu Prakerja

(DA) sumber

2 Replies to “Terinfeksi Covid-19, Ini 8 Organ Dalam Yang Terdampak”

  1. Astaghfirullah…. Semua Organ Utama Manusia…Sangat Berbahaya Sekali…Sekali kena tidak akan seperti dulu lagi…

Leave a Reply