Tertipu Pacar Hingga Rugi Ratusan Juta

Genbisnis – Pernah dengar pepatah uang tidak punya saudara? Berhati-hati lah dalam mempercayakan uang anda untuk dipinjam orang lain. Terutama jika sobat bisnis meminjampkan uang dalam jumlah yang besar.

Seorang perempuan berinisial DAP (30) menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh kekasihnya sendiri, Joko Septianto (29). Joko nekat menggelapkan uang DAP hingga ratusan juta rupiah.

Pelaku meminjam uang ke DAP dengan alasan untuk bisnis jual beli mobil.

Namun, ternyata uang itu dipakai pelaku untuk foya-foya, termasuk untuk menraktir korban. Pelaku merupakan warga Tangerang, Banten. Sementara korban merupakan warga Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Awal mula kasus penipuan ini berawal ketika Joko membujuk pacarnya untuk berbisnis jual beli mobil mulai Agustus 2020.

“Dia menawarkan pada pacarnya itu, bisnis yang keuntungannya nanti dibagi,” papar Kapolsek Banjarsari AKP Rikha Zulkarnain saat jumpa pers di Mapolsek Banjarsari, Kamis (29/10/2020).

Baca Juga :  Gimana Bisa, Rumah Berlantai Tiga Juga Menerima BanSos

Saat itu DAP terbuai dalam rayuan maut, sehingga rela memberikan modal untuk bisnis tersebut secara berkala.

“Tersangka juga meyakinkan dengan memberikan uang keuntungan pada korban,” kata dia.

“Padahal dia tidak pernah ada transaksi jual beli mobil,” paparnya menekankan.

Tersangka kemudian meminta modal lagi kepada korban untuk berbisnis mobil lagi. Namun, uang yang dipinjam malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Jadi tersangka ini menghabiskan uangnya untuk mentraktir pacarnya (DAP) juga,” papar dia.

“Uang dari DAP digunakan untuk mentraktir DAP,” tuturnya.

Total yang hasil penipuan secara berkala tersebut mencapai Rp 115 Juta dengan menawarkan keuntungan Rp 5 juta hingga Rp 7 juta kepada pacarnya. Menurutnya, uang milik korban dan ibu korban juga digunakan untuk berpacaran, memenuhi kebutuhan dan berfoya-foya belanja. Tersangka terlihat memiliki banyak uang dengan memenuhi segala kebutuhan pacarnya. Sementara tersangka juga mengakui bila uang yang dipinjamnya juga digunakan untuk mentraktir pacarnya dan habis selama 4 bulan ini.

Baca Juga :  Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi

“Dia tidak menjenguk saya tetapi melaporkan saya. Namun saat saya sudah seperti ini kata putus sudah tidak berarti lagi,” ujar dia.

Kapolsek menambahkan, Joko dijerat dengan Pasal Penipuan dan Penggelapan yakni 372 dan 378 KUHP.

RID, SUMBER

Leave a Reply