Tesla Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah, Merek Lain Mau Nyusul Datang

Kabar Tesla akan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah, juga jadi pemberitaan hangat di luar negeri. Beberapa pabrikan industril mobil listrik lain bisa jadi akan menyusul datang.

Tak sedikit media asing yang memberitakan soal rencana Tesla membangun pabrik di Indonesia. Pengakuan pejabat Kemetrian Perindustrian RI bahwa telah terjadi pembicaraan dengan Tesla terkait rencana tersebut makin membuat heboh.

Dikutip dari CNBC Indonesia, rencana Tesla datang dan berinvestasi di Indonesia ternyata diamati juga oleh pesaing-pesaingnya di industri mobil listrik. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto mengonfirmasi hal tersebut.

Dalam wawancara dengan CNBC Indonesia tersebut, dia menyebut rencana kedatangan Tesla membuat merek lain jadi lebih agresif beniat datang ke tanah air.

Baca Juga :  Perkantoran dan Pabrik di Surabaya masih aktif meski PSBB

“Memang benar berita-berita yang beredar saja, saya mendengar ada satu perusahaan otomotif global juga yang kemudian menjadi lebih agresif untuk pengembangan mobil listrik di Indonesia,” kata Septian.

Pabrikan raksasa mana yang akan menguntit rencana Tesla datang ke Indonesia? Sayangnya Septian enggan membocorkan informasi tersebut.

“Kemarin saya dilaporkan menjadi sangat agresif kemudian bisa melakukan proses konversi investasi mereka menjadi mobil listrik. Rahasia dulu deh tapi ini menunjukkan kita menjadi satu negara yang menarik di investasi tidak hanya di lithium battery,” lanjut dia.

Tesla dianggap sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia saat ini. Produsen kendaraan listrik lain yang dianggap menjadi kompetitor Tesla adalah BYD (China), BAIC (China), BMW, dan Nissan.

Baca Juga :  Supercar McLaren Kecelakaan di Tol Jagorawi

(aji)

Leave a Reply