Waspada Maraknya Penipuan Online Shop Via Medsos

GenBisnis, JAKARTA – Maraknya penipuan penjualan online tiada henti hentinya. Terutama di toko toko online yang selalu mencoba untuk menipu pembelinya , kemudahan untuk berbelanja dan bertransaksi selain memberikan dampak positif, ternyata bisa memberikan dampak negatif, hal ini sudah dibuktikan dengan adanya jumlah laporan penipuan yang berjumlah 1,617 dengan kerugian mencapai Rp 49,92 M dalam kurun waktu Januari 2019 – Januari 2020.

            Jika anda tidak cermat, maka para pembeli bisa menjadi korban penipuan online, dengan kecerdikannya si penipu, dia membuat akun di medsos untuk menebar bujuk rayu.

Jika kamu menemukan harga produk incaranmu lebih murah di banding toko resminya, anda jangan sampai tergiur. Perlu anda ketahui, bahwa harga barang yang jauh lebih murah ini yang jadi penyebab utama maraknya korban penipuan online shop.

Baca Juga :  Tips Menjadi Seorang Creativepreneur

            Sudah ada beberapa situs belanja online resmi yang sudah mempunyai system pengamanan khusus. Korban pun bisa sesegera mungkin melaporkan ke pengelola ke situs tersebut.

            Perlu kalian ingat, kamu wajib waspada jika kamu menemukan online shop yang nggak menjelaskan produk yang secara detail. Kemungkinan saja produk yang mereka jual bukan dari produk aslinya, atau mereka memang nggak menjual produk tersebut dan ingin menipumu.

Sumber

2 Replies to “Waspada Maraknya Penipuan Online Shop Via Medsos”

  1. Memang sih belanja online itu mengerikan apalagi lewat instagtam , kita gabisa gampang mudah percaya

Leave a Reply