Tips Agar Pekerjaanmu Tetap Produktif Dimusim Hujan

GenBisnis – Akhir-Akhir ini, mendung dan hujan sering terjadi diwilayah Indonesia. Meskipun tak setiap hari muncul, hal ini ternyata bisa berdampak negatif pada suasana hati seseorang. Terutama bagi para pekerja. Ada beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan untuk tetap bekerja di bawah guyuran air hujan, yang tentu saja sangat beresiko pada keselamatan diri karena harus menahan dinginnya air hujan, hembusan angin kencang, hingga petir yang menggelegar. Namun bukan berarti mereka yang tidak bekerja di bawah guyuran hujan secara langsung tidak merasakan kesulitan.

Belum lagi saat intensitas curah hujan cukup tinggi yang dapat menyebabkan banyak persoalan, contohnya banjir seperti yang akhir-akhir ini terjadi di Kota-Kota besar seperti dijakarta, Surabaya, dan kota lainnya.

Berbagai kesulitan juga dirasakan para karyawan kantoran ketika harus bekerja di musim hujan. Dampak hujan seperti air yang menggenang dimana – mana, banjir yang semakin memperparah kemacetan bisa membuat karyawan telat datang ke kantor. Belum lagi jika basah kuyup karena kehujanan, bisa membuat mood kerja turun bahkan mudah terserang penyakit. Semua ini tentu akan berimbas pada menurunnya performa dan produktivitas kerja.

Untuk mengatasi hal tersebut lakukan tips dibawah ini agar pekerjaanmu menjadi lebih produktif :

Berikut ulasannya melansir Lifehack.org :

1. Selalu bawa perlengkapan saat musim hujan

Untuk Anda yang mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya siapkan peralatan yang mendukung saat musim hujan seperti jaket dan jas hujan. Selain itu, siapkan juga payung hingga obat-obatan pribadi di dalam tas Anda. Dengan perlengkapan tersebut tidak ada lagi alasan untuk tidak masuk kerja.

Baca Juga :  Inilah 6 Bisnis Akhir Tahun Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

2. Berangkat kerja lebih awal

Untuk mengantisipasi cuaca yang buruk, ada baiknya Anda berangkat kerja lebih awal. Hujan yang turun di pagi hari bisa menjadi penyebab Anda terlambat sampai di kantor. Pasalnya, genangan air akibat hujan kerap menimbulkan kemacetan parah.

Belum lagi ditambah dengan sulitnya mendapatkan transportasi umum. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk berangkat kerja lebih awal, Anda bisa mencoba mencari rute-rute alternatif yang aman dari genangan air serta kemacetan.

3. Bawa pakaian cadangan

Bila saat berangkat bekerja turun hujan, tak ada salahnya bila kita membawa baju cadangan. Ini untuk mengantisipasi bila baju yang sudah kita pakai terkena air hujan hingga basah. Selain tidak nyaman untuk digunakan, memakai baju yang basah juga dapat menyebabkan tubuh terasa dingin atau masuk angin. Selain itu air hujan yang mengenai baju berpotensi membawa bibit penyakit.

4. Konsumsi vitamin

Saat pergantian musim atau pancaroba yakni peralihan musim dari kemarau menuju penghujan atau sebaliknya, biasanya tubuh akan menyesuaikan dan tidak bisa secara langsung menerimanya.

Baca Juga :  Buka Usaha Kue Rumahan, Mudah Kok

Dalam proses ini biasanya akan mempengaruhi kekebalan tubuh akan cuaca yang mengakibatkan rentan terhadap penyakit. Maka, untuk menangani itu semua, Anda harus mengkonsumsi vitamin secara rutin, baik berupa obat-obatan maupun buah yang kaya akan vitamin.

5. Jangan tinggalkan olahraga

Musim hujan bukan alasan untuk Anda tidak berolahraga. Anda bisa lalukan olahraga ringan seperti push up, sit up, skipping, yoga dan masih banyak lainnya. Selain untuk membakar kalori, olahraga secara rutin bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga sirkulasi darah dan oksigen tetap terjaga.

6. Perbanyak minum air putih dan makanan sehat

Mengkonsumsi air putih dan makanan sehat bagus untuk menjaga kesehatan Anda untuk tetap produktif bekerja dan memberikan daya tahan tubuh yang lebih kuat saat musim hujan.

Tak jarang, banyak orang yang terjangkit penyakit saat musim hujan seperti demam, flu, batuk dan lainnya. Maka, perbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi, serat dan vitamin.

7. Tidur yang cukup

Tak jarang, tugas-tugas kerja sering kali menyita waktu sehingga Anda lupa untuk beristirahat. Demi mendapatkan mood hingga kesehatan tubuh, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 sampai 8 jam sehari.

Sebab dengan memiliki waktu tidur yang cukup, daya tahan tubuh, kreativitas, peredaran darah akan meningkat keesokan harinya. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh.

Sumber : www.liputan6.com

Leave a Reply