Tips Ampuh Menemukan Passionmu Sendiri

GenBisnis – Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion merupakan cita-cita banyak orang. Bagaimana tidak, kita bisa bekerja dengan bersemangat, menikmati, dan tentu hasilnya pun lebih optimal, dibanding dengan melakukan sesuatu secara terpaksa. Tetapi tak semua orang tahu apa yang menjadi passion dirinya.

Menemukan sesuatu yang menjadi passion-mu itu gampang-gampang susah. Ibaratnya, passion itu sesuatu yang tidak hanya mengisi waktu, namun juga menjadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaanmu.

Kalau sampai hari ini kamu masih belum bisa menemukan dimana passion-mu, hal itu wajar-wajar saja. Tapi mumpung masih muda, ada baiknya kamu cepat menemukan passion-mu. Semakin cepat kamu menemukannya, semakin luas kesempatan yang akan muncul di hadapanmu untuk bisa mengembangkannya.

Lalu bagaimana sih caranya mengetahui passion kita itu apa? Berikut caranya :

1. Jika harus bertanya pada diri sendiri, apa yang melengkapi hidupmu selama ini?

Baca Juga :  Berbisnis Hingga ke Luar Negeri

Ikuti kata hatimu. Jangan ikuti keinginan orang tuamu, pacarmu atau teman-temanmu. Passion itu bisa sesuatu yang benar-benar mengobarkan semangat dalam jiwamu. Kerjakanlah passion yang membuatmu merasa hidup.

2. Hal apa yang kamu yakini dengan bulat walau ditentang oleh hampir setiap orang?

Kebanyakan, orang tua memang memiliki peran besar untuk menentukan passion yang kamu punya. Tapi jika passion yang mereka harapkan tidak cocok dengan apa yang kamu mau, jangan diteruskan! Percayalah, mengikuti passion yang kamu mau bukan hal yang buruk kok.

3. Selama ini kemampuan apa yang paling menonjol dari dirimu?

Apa kemampuan terhebatmu? Pertanyaan ini seharusnya sudah kamu pikirkan sedari kecil. Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihannya masing-masing. Memahami kemampanmu yang paling dominan bisa membantumu untuk menemukan passion-mu.

Baca Juga :  Tips Ampuh Agar Sukses Membangun Bisnis Starup

4. Apa hal yang kamu sukai sewaktu kecil dulu?

Terkadang, untuk menemukan passion-mu, kamu bisa mencoba untuk melihat kembali ke masa lalumu. Coba ingat-ingat, ketika kamu kecil dulu, apa yang kamu sukai? Hal yang kamu sukai itu membentuk dirimu sampai sekarang. Siapa tahu, itulah jawabannya.

5. Kegiatan apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan passion adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini buang-buang waktu. Tapi percayalah, untuk menemukan passion, terkadang, harus ada waktu yang dikorbankan.

6. Keunikan diri
Beberapa orang ragu ketika diminta menyebutkan keunikan dirinya. Tujuan mengenali keunikan diri bukan untuk sombong, tapi untuk lebih terbuka mengenali diri sendiri. Keunikan-keunikan kecil yang ada pada diri kita bisa jadi mengarahkan kita pada apa passion kita sebenarnya.

(EK) Sumber

Leave a Reply