Tips Bekerja Efektif Dari Rumah

GenBisnis, Jakarta – Wabah virus corona yang sudah menyebar di Indonesia membuat pemerintah menerapkan kebijakan agar masyarakatnya melakukan work from home atau kerja di rumah.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, mengingat jumlah orang yang terjangkit di Indonesia per Senin (16/3/2020) sudah ada 117 orang yang positif Covid-19.

Work for home yang diberlakukan ini membuat masyarakat bisa tetap bekerja tanpa harus datang ke kantor. Berikut cara-cara agar tetap bisa efektif untuk bekerja di rumah seperti dilansir dari Lifehack.

  1. Pertahankan Jam Kerja Secara Teratur
    Ini adalah langkah pertama untuk memastikan produktivitas saat work from home. Memang sangat menggoda untuk memberi kamu fleksibilitas total saat memulai, istirahat, dan santai. Tetapi, kamu akan rugi sendiri jika tidak menjaga dirimu untuk tetap konsisten. Menetapkan jam kerja secara teratur membuat kamu bertanggung jawab kepada diri sendiri dan atasanmu. Ini membuat kamu lebih mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaan.
  2. Rencanakan Alur Kerja Anda
    Sebelum kamu mulai bekerja, pastikan kamu tahu apa prioritas untuk hari itu, berapa lama kamu pikir bisa menyelesaikan semuanya, dan apa yang akan kamu kerjakan jika punya waktu ekstra.
  3. Istirahat Sejenak
    Merencanakan untuk istirahat juga perlu dilakukan saat work from home. Pastikan kamu mendapatkan cukup istirahat, mengonsumsi camilan sehat, dan berhubungan dengan orang lain di rumah jika memungkinkan. Semua kegiatan ini memungkinkan kamu untuk me-refresh, membuat aliran darah lancar, dan memastikan kamu siap menangani tugas-tugas berikutnya.
  4. Berpakaian seperti Sedang Bekerja
    Bahkan jika kamu tak akan berinteraksi dengan orang lain sepanjang hari karena work from home, penting untuk berpakaian rapi dan bagus. Ini termasuk mandi dan menyikat gigi. Hal tersebut bisa memberi tahu otak Anda bahwa itu adalah waktu kerja, bukan waktu relaksasi, dan itu akan memberi kamu lebih banyak energi. Celana olahraga dn T-shirt mungkin lebih nyaman, tetapi kamu juga mungkin merasa lamban, mengantuk, atau tidak termotivasi.
  5. Buat Suasana Kantor di Rumah
    Work from home mungkin membuat Anda tergoda untuk bekerja dari sofa atau bahkan tempat tidur, tetapi ini bisa sangat merugikan produktivitas Anda. Cobalah untuk selalu bekerja dari ruangan, meja, atau kursi yang konsisten, untuk memberi tahu otak Anda bahwa sudah waktunya untuk bekerja, bukan relaksasi.
  6. Tak Ada Teman
    Bekerja di rumah menjadi efisien jika tak ada teman atau pasangan yang mengganggu. Tetapkan batasan untuk anak-anak, hewan peliharaan, dan pasangan atau teman. Cobalah mendorong mereka untuk meninggalkan kamu sendirian saat sedang bekerja sehingga dapat tetap fokus.
  7. Cari Inspirasi
    Keuntungan work from home adalah kamu tidak bisa mengalihkan perhatian ke rekan kerja. Silahkan mencari inspirasi yang lebih menenangkan seperti mendengarkan musik instrumental, atau bahkan dengan membiarkan jendela terbuka untuk membiarkan suara dari luar masuk.
Baca Juga :  Mendukung WFH, PLN Terapkan Layanan Satu Pintu

SSumber.

Leave a Reply