Tips Membangun Bisnis Cuci Mobil Lengkap Dengan Hitungannya

Genbisnis, Tips – Bisnis Usaha cuci mobil ternyata makin gampang dan menjamur. Selain karena munculnya mobil LCGC yang murah, kenaikan pendapatan orang indonesia juga menyebabkan jumlah kendaraan roda empat ini melejit tajam. Pantas saja usaha cuci mobil laris manis meski makin banyak saingan.

Hanya saja ada sebagian orang yang memulai bisnis ini dengan gegabah dan melupakan faktor faktor yang akan saya bahas. Misalnya lokasi, kesalahan di awal menyebabkan usaha mereka hanya berumur beberapa bulan.

Anda suka memperhatikan mobil-mobil yang berlalu-lalang di jalan rayakah? Pernahkah sampai pada gagasan : kira-kira pemiliknya mencuci mobilnya sendiri atau meminta orang lain mencucikannya? Kalau sudah sampai ke sini berarti Anda siap membuka usaha baru yaitu usaha cuci mobil atau car wash.

Baca Juga :  Hal-hal Yang Menyebabkan Bisnis E-Commerce Sepi Pembeli

Ringkasan Cara Memulai Usaha Cuci Mobil.


Ringkasnya begini cara memulai usaha cuci mobil. Di bagian bawah saya akan menjelaskan detailnya satu per satu.

  • Pilih jenis cuci mobil yang akan anda buka. Tentukan dahulu konsep usahanya seperti apa. Apakah Anda menjalankan usaha cuci mobil manual, car wash otomatis, maupun robotic.
  • Sediakan modal sesuai usaha cuci mobil yang dipilih.
  • Lokasi – Lokasi – Lokasi. Cari lokasi yang sesuai. Lokasi luas dengan tempat strategis dan punya saluran air yang baik menjadi pertimbangan awal dalam memilih lokasi.
  • Membeli keperluan usaha. Mulai dari alat utama seperti hidrolik, mesin car wash otomatis, hingga semua cairan dan perlengkapan.
  • Merekrut dan mengelola karyawan.
  • Promosikan usaha anda dan pertahankan pelanggan agar kembali.
  • Membuat usaha sampingan untuk menambah untung, misalnya jualan minuman ringan.

Leave a Reply