Tips Memilih Pinjaman untuk UMKM Yang Aman

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan penggerak perekonomian, tentunya sebagai usaha kecil diperlukan modal untuk pengembangan usaha menjadi lebih berkembang. Pemerintah telah menyediakan program dukungan untuk UMKM dari segi regulasi dan perpajakan dan pendanaan dengan bunga ringan dan syarat yang lebih mudah.

Di Indonesia sendiri telah banyak lembaga pinjaman bermunculan terutama  perusahaan Finansial Teknologi (FINTEK). Perusahaan finansial teknologi meruapakan jasa penyedia pinjaman berbasis online dengan pengajuan tidak serumit pengajuan pinjaman di bank, namun untuk nominal pinjamannya terbatas. Persyaratan yang mudah membuat semakin banyak peminat termasuk para pemilik usaha UMKM.

Proses yang cepat membuat pemilik usaha mempertimbangan melakukan pinjaman di perusahaan Finansial Teknologi. Namun, perlu diperhatikan juga dalam pemilihan pinajan di fintek karena masih ada perusahaan illegal yang menawarkan pinajaman cepat dengan bunga denda yang besar yang justru malah merugikan

Berikut tips yang dapat digunakan dalam menentukan pemilihan pinjaman diantaranya:

1.Tercatat dan diawasi oleh OJK

Tentunya kamu harus mencari tahu dahulu  kondisi atau perusahaan sebelum memilih pinjaman uang tunai cepat tanpa jaminan ini. Salah pinjaman satu hal yang sangat perlu diperhatikan apakah lembaga tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) . Info dari OJK sendiri lembaga pinjamam berupa fintek yang resmi terdaftar sejak 11 Juni 2020 adalah sebanyak 160 perusahaan. Data perusahaan ini dapat dilihat di website resmi OJK.
Perlunya untuk memilih lembaga yang berada di naungan OJK ini untuk menghindari tagihan yang tinggi dan penyalahgunaan data pribadi. Selain itu juga karena ada badan hukuk yang melindungi

Baca Juga :  Kejutan Lain Dari Tiongkok Setelah Covid-19

2. Memiliki Website resmi dan informasi yang jelas

Website merupakan salah satu media atau cara yang bisa digunakan untuk menentukan apakah penyedia lembaga ini merupakan lembaga yang benar atau aman. Setiap perusahaan FINTEK tentunya memiliki website resmi yang berisikan profil perusahaan, informasi produk yang ditawarkan, bunga pinjaman dan informasi persetujuan dari lembaga keuangan OJK.

Tips tersebut bisa diterapkan untuk memilah mana jasa keuangan yang aman, legal dan terdaftar. Biasa penyedia lembaga pinjaman tidak memiliki website resmi dan tampilan pada website tidak jelas. Tidak adanya logo OJK dan lembaga badan keuangan lainnnya

3. Transparan mengenai detail bunga dan informasi

Transparan mengenai informasi bunga, biaya admin dan denda keterlambatan merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan pinjaman kamu. Tanyakan kepada pihak penyedia pinjaman mengenai biaya yang nantinya dikenakan. Karena dengan begitu kamu dapat memperkirakan apakah pinjaman ini layak atau tidak.

Selain  menentukan layak atau tidaknya, hal ini juga dapat memberikan kamu perkiraan untuk pelunasan. Jika ada keterlambatan kamu tidak akan kaget dengan nominal tagihan atau nominal tidak sama kamu data melakukan komplain

Baca Juga :  Jack Ma Sumbang Sejuta Boks Masker Ke Jepang

4. Membandingkan setiap pinjaman

Setelah kamu menemukan kandidat pinjaman kamu bisa membandingkan setiap penyedia pinajaman atau Fintek. Sesuaikan pinjaman dengan kebutuhan kamu, mulai dari limit yang ditawarkan, tenor atau jangka waktu dan bunga yang di kenakan.

Kamu juga bisa mencari review di sosial media mengenai lembaga penyedia pinjaman yang sudah kamu pilih. Melalui review tersebut kamu juga bisa menyimpulkan bagaimana pelayanan perusahaan kepada pelangganya.

Tips diatas dapat digunakan untuk memilih pinjaman yang tepat dan aman. Walaupun kamu perlu modal usaha cepat dan tanpa terlalu banyak prosedur tapi harus tetap mempertimbangkan keaman dan biaya yang sesuai. kamu akan melakukan pinjaman untuk modal usaha jangan sampai asal pinjam dan ujungnya harus terlilit pinajaman apalagi pinjaman illegal yang menerapkan bunga yang tinggi.

(MEB)/Sumber:

Leave a Reply