Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Untuk Studentpreneur

Justru saat masih mudalah waktu emas untuk mengawali kesuksesanmu. Jadikan beberapa pengusaha yang sukses di usia muda seperti Nadiem Kariem, Billy Kurniawan, Cynthia Tenggara sebagai panutan dan semangatmu dalam berbisnis.

2. Hindari Bakar Modal di Awal

Kebanyakan pengusaha yang baru mulai bisnis, biasanya mereka langsung membangun kantor, merekrut orang, sewa toko, memasang iklan dan lain sebagainya yang dikenal membutuhkan biaya besar. Sebaiknya ditahan dahulu aktivitas tersebut sampai kamu bisa memperoleh keuntungan dalam bisnis.

Strategi ini disebut dengan metode bootstrapping ialah strategi pengembangan usaha dimana pendiri (founder) usaha memilih mengandalkan kekuatan internal. Untuk langkah awal kamu bisa lakukan riset pasar, membuat produk yang bagus dan penawaran yang menarik.

Jika sudah ada keuntungan dan penjualan sudah terlihat baru kamu bisa investasikannya untuk kebutuhan yang lain.

Baca Juga :  8 Tips Ampuh Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan Agar Tetap Loyal

3. Harus Bisa Multi-Tasking

Meski team sangat diperlukan, namun dengan modal terbatas pastinya kamu tidak memungkinkan untuk merekrut orang lain. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Mulai dari produksi, pemasaran sampai ke manajemen bisnis perlu kamu maintenance sendiri.

Itulah sebabnya mengapa passion menjadi penting dalam memulai usaha. Karena jika kita melakukan aktivitas yang kita sukai sendirian pasti pekerjaan tidak akan menjadi beban untuk kamu. Team akan dibutuhkan jika cashflow kamu sudah terlihat baik. Nah, saat merekrut orang lain pastikan juga mereka yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kamu. Bisa ajak orang terdekat terlebih dahulu atau anggota keluarga.

Baca Juga :  Demi Redam Dampak Corona di Indonesia, Grab Siapkan Rp 160 Miliar

4. Jadilah Kreatif

Cara memulai usaha tanpa modal berikutnya adalah membutuhkan kreativitas. Dalam berwirausaha kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri pengusaha. Kreativitas yang di maksud di sini adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan mampu menemukan cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

Dalam pengambilan keputusan, ide kreatif ini akan menuntun kamu ke solusi yang tidak biasa, tentunya memberikan kebaikan untuk bisnis kamu. Contohnya promosi sekarang sudah jamannya serba online. Kamu bisa buat website yang menarik supaya customer penasaran dengan produk yang kamu tawarkan.

Leave a Reply