Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Untuk Studentpreneur

5. Bangun Networking Sebelum Memulai

Banyak sekali pelaku usaha yang menyerah saat ingin memulai usaha karena merasa tidak punya jaringan. Nah, inilah yang perlu para studentpreneur persiapkan sedari awal. Beruntungnya di jaman seperti saat ini fasilitas social network sudah cukup banyak.

Ini memudahkan kamu untuk cari informasi-informasi tentang seminar atau coaching bisnis untuk mematangkan ilmu bisnis kamu. Bisa juga dengan bergabung ke dalam komunitas-komunitas pengusaha muda agar koneksi kamu semakin luas.

Dengan networking kamu tidak hanya bisa dapat ilmu dan mentor yang tepat, tapi juga bisa jadi ajang pamer ide kreatif kamu. Sangat mungkin sekali kamu bisa menemukan investor atau rekan bisnis yang sesuai dengan visi dan misi bisnis kamu.

Konsultasikan Apa yang dibutuhakan untuk Bisnis Kamu

Bagi pemula, kegalauan ketika menjalankan bisnis pasti menghantui benakmu. Tidak heran memang sebab kamu sendiri masih belum punya pengalaman sama sekali di bidang ini. Itulah makanya kamu harus memiliki mentor atau konsultan bisnis. Dimana mereka akan membantu kamu memberikan solusi-solusi untuk masalah bisnis yang akan kamu hadapi.

Baca Juga :  Waspada! Inilah Kejahatan Siber Yang Sering Terjadi Ditengah Pandemi

Dalam dunia bisnis konsultan penting sekali untuk membantu kamu menentukan strategi bisnis, memperkecil pembekakan cost oprasional, membantu masalah keuangan yang rumit sampai memberikan tips cara branding yang cocok untuk bisnis.

Mulai Jadi Studentprenure Sekarang Juga

Semangat menjadi entrepreneur harus sudah mulai kamu tumbuhkan sejak muda. Susahnya mencari pekerjaan mulai dirasakan bahkan bagi mereka lulusan dari Universitas ternama. Oleh karena itu, dari pada kita mencari peluang karier yang tidak pasti, lebih baik kita ciptakan sendiri.

  • Blogger/Influencer

Bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang senang menulis atau tampil didepan kamera inilah peluang bisnis yang unik untuk dilakukan. Dengan bantuan media sosial kamu bisa menjadi influncer di mana akan banyak brand meng-hire kamu untuk memperkenalkan produk mereka. Tapi pastikan kamu memiliki pengikut atau follower yang lumayan, ya. Banyak pelajar yang sukses menjalankan bisnis ini dengan bermodalkan handphone saja loh.

  • Bisnis Kerajinan Tangan
Baca Juga :  Tenang, Inilah 6 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

Membuat kerajinan tangan tidak perlu modal yang besar namun harus memiliki kratifitas yang tinggi. Kerajinan tangan bisa dibuat dari bahan apa saja yang terpenting menarik dan memiliki nilai jual. Misalnya boneka wisuda, sketsa wajah untuk hadiah, dan masih banyak lainnya.

  • Bisnis Jasa Dokumentasi dan Editing

Pasti di sekolah atau kampus mu sering sekali mengadakan kegiatan bukan? Ini bisa kamu jadikan peluang usaha loh. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan aplikasi edit seperti photoshop, coreldraw, atau aplikasi edit video kamu bisa mulai menawarkan jasa edit foto dan video. Jika kamu serius menjalankan bisnis ini mungkin kedepannya kamu bisa buat studio foto sendiri.

Leave a Reply