Tips Transisi Bisnis Ke Online

Genbisnis – Akibat meningkatnya tantangan dalam menghadapi pandemi covid 19, banyak pelaku usaha yang beralih ke bisnis online.

Selain mampu memberikan keuntungan layaknya bisnis konvesional, bisnis online rupanya bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah. Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya, tidak ada salahnya memulainya dari sekarang.

Sebagai referensi, dilansir liputan6.com, berikut tips bagi kamu pemula yang ingin bisnis online:

Pilih bisnis yang sedang naik daun

Hal pertama yang bisa kamu pelajari ialah memilih bisnis yang banyak dicari oleh orang. Peluang itu bisa membuat kamu kebanjiran order nantinya. Sebagai contoh, bisnis buat masker kain atau membuat camilan dan makanan secara online.

Untuk masker kain, biar lebih menarik, kamu bisa membuatnya dengan tambahkan corak warna-warni pada masker. Untuk kuliner, kamu bisa membuat makanan sehat bagi mereka yang bekerja di rumah.

Pelajari sistem bisnis online

Selain memiliki konsep untuk jualan, pahami dulu bagaimana sistem bisnis online yang baik dan benar. Mulai dari sistem pembayaran hingga bagaiamana barang bisa sampai ke pembeli dengan baik.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki waktu pembelian dan pengantaran barang yang dibeli. Misalnya, kamu jualan kopi kemasan, kamu buat sistem pengantaran pada waktu tertentu. Dalam hal ini, permudah pembayaran bisa menjadikan bisnis kamu dilirik oleh orang dan dibeli.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Buat akun media sosial

Penting sekali bagi kamu saat memutuskan untuk bisnis online memiliki akun media sosial. Pasalnya, media sosial bisa menjadi etalase barang jualan kamu dilihat oleh calon pembeli. Selain itu, mereka dimudahkan dengan sistem pembelian serta harga yang tertera,

Maka dari itu, buatlah akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Tulis secara detail, produk yang dijual, sistem pembelian, sampai informasi mengenai pengantarannya.

Tak lupa, buatlah promosi pada media sosial tersebut. Buatlah foto yang nyentrik, yang bisa menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Kamu juga bisa buat promo, seperti beli 1 dapat 2 dengan ketentuan yang sudah kamu buat.

Ikut wadah pelaku bisnis

Memiliki networking sangat baik untuk bisnis yang sedang kamu kelola. Dengan memiliki rekan bisnis lainnya, kamu bisa mengobrol untuk mendapatkan ilmu baru dari mereka.

Walaupun sekadar sharing, berbagi ide, dan informasi, dengan adanya wadah ini tentu bisa mengangkat bisnis kamu dan pelaku usaha lainnya.

Seperti Festival Kreatif Lokal 2020 yang digelar oleh Adira Finance. Dalam festival itu, Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk merangkul pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pelaku UKM akan dibimbing membangun perekonomian Indonesia melalui pendampingan dari para ahli bisnis terkemuka.

Perlu diketahui, saat ini Festival Kreatif Lokal 2020 telah dimulai, dan tengah dalam tahap penjaringan peserta UKM. Dalam Festival Kreatif Lokal 2020 juga akan digelar Kreatif Lokal Award yang akan mencari UKM terbaik dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, serta masyarakat umum.

Baca Juga :  Tips Belanja Cerdas Saat Pandemi Corona

Dari total peserta itu akan dipilih 18 pelaku UKM terbaik dari enam kategori, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Pemenangnya, bakal diberikan modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, lalu akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka.

Adira Finance juga menggandeng beberapa pihak yang memiliki visi dan misi sama untuk menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2020, salah satunya adalah MUFG Bank,Ltd.

MUFG Bank, Ltd. merupakan salah satu bank terbesar di dunia, dimana Bank Danamon menjadi salah satu bagian dari MUFG Group. Untuk diketahui, Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 92,07% atas Adira Finance, dengan begitu, sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance turut menjadi bagian dari MUFG Group.

RID, SUMBER

Leave a Reply