Travelling, Bisa Minum Air Sungai Dengan Aman

GenBisnis, Jakarta – Tentu berbahaya jika minum air danau dan sungai yang keruh. Tapi dengan sedotan canggih ini, air keruh bisa aman dikonsumsi.

Sebuah sedotan bernama LifeStraw sukses menarik perhatian karena fungsinya yang sangat canggih. Sedotan ini bisa menyaring air keruh dan kotor dengan sangat cepat.

Sedotan berbentuk pipa ini membuat siapapun bisa menikmati air dari segala sumber, termasuk air keruh yang tertampung di danau atau mengalir di sungai. Jika dikonsumsi langsung, air danau dan sungai pastilah akan berbahaya karena mengandung banyak bakteri hingga mikroba.

Lifestraw

Namun dengan sedotan Lifestraw, semua bakteri, mikroba hingga kotoran akan tersaring dengan sistem filter yang canggih. Pihak produsen Lifestraw bahkan menjamin 99,999% bakteri akan tersaring dengan efektif.

Dilansir dari Yahoo Lifestyle (2/3) Lifestraw bisa digunakan untuk menyedot air dari sungai, danau bahkan kolam penampungan air. Bakteri seperti E. coli dan salmonella serta parasit air seperti giardia dan cryptosporidium bisa mati jika melewati filter pada sedotan ini.

Baca Juga :  Apa Maksud Penamaan N95 Pada Masker Yang Kini Langka?

Lifestraw bahkan mengklaim bisa menghilangkan kandungan plastik mikro yang juga banyak terkandung dalam air. Untuk menggunakannya cukup praktis, Anda bisa langsung menyeruput air dari sumbernya.

Satu sedotan ini setidaknya bisa menyaring hingga 1.000 galon air. Jika dirata-rata penggunaan personal, sedotan aman digunakan selama 5 tahun. Sedotan ini juga tak memiliki masa kadaluarsa serta proses pembersihannya juga sangat mudah, cukup dicuci dengan air mengalir.

Biasanya sedotan ini dijadikan andalan bagi para traveler, pendaki gunung serta orang yang kesulitan mengakses air bersih. Banyak pengujian yang sudah dilakukan untuk membuktikan sistem filter dari sedotan ini.

Berbagai video menunjukkan seseorang mengambil segelas air genangan yang kotor dan keruh. Ia kemudian menyedot dengan sedotan Lifestraw lalu mengeluarkan air ini di gelas berbeda. Hasilnya menakjubkan, air yang sebelumnya keruh dan berwarna coklat langsung berubah jadi jernih.

Baca Juga :  Hotel Unik Berkonsep Kapal Phinisi

Sedotan ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik sekali pakai. Bentuknya yang simpel dan ringan membuat sedotan mudah dibawa kemanapun.

Tertarik memiliki? Sedotan dijual dengan harga $15 (Rp 216 ribu) dan kini banyak dijual lewat toko online. Meskipun aman digunakan untuk menyaring air keruh, tapi sedotan ini tidak disarankan untuk menyeruput air yang tercemar limbah bahan kimia berbahaya.

Sumber.

8 Replies to “Travelling, Bisa Minum Air Sungai Dengan Aman”

Leave a Reply