Trik Mengurangi Kecurangan Kasir di Bisnis Anda

GenBisnis – Tahukah Anda jumlah pebisnis yang mempercayakan aplikasi kasir dalam kegiatan usaha mereka meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Dari sekian alasan yang dipertimbangkan, sistem keamanan menjadi salah satu faktor yang menarik minat penggunaan. Walau demikian, secanggih dan sekuat apa pun sistem yang diaplikasikan, rupanya masih ada kecurangan yang berusaha dilakukan pemakai POS, termasuk oleh kasir yang paling sering mengoperasikan program tersebut.

Kemudian apa tindakan-tindakan yang dapat dilakukan sebagai pencegahan? Sebagai pengelola bisnis, Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut untuk mengurangi peluang kecurangan para kasir.

1. Selektif Ketat Dalam Perekrutan Karyawan

Tindakan pencegahan sesungguhnya dapat Anda lakukan sejak perekrutan karyawan. Proses pencarian pegawai memang tidak mudah dan tak jarang membutuhkan proses panjang, tetapi demi kelangsungan bisnis, Anda dan tim harus bekerja optimal di proses paling awal. Misalnya dengan menerapkan sistem perekrutan yang sesuai, kroscek latar belakang, hingga memeriksa referensi. Jangan terlena dengan pengalaman berlimpah dari pelamar kerja sampai Anda mengira dia tidak membutuhkan pelatihan lagi.

Bisa saja diterapkan sistem on job training selama 1 bulan. Jika kinerja bagus maka akan lanjut, jika tidak maka akan di berhentikan. Karena proses interview di awal hanya menginformasikan sepuluh persen dari kondisi sesungguhnya.

2. Penentuan dan Evaluasi Kebijakan Bisnis

Terkadang, kecurangan yang dilakukan kasir didasari kebijakan bisnis yang tidak mereka ketahui atau pahami dengan baik. Maka, penting bagi Anda memberikan penjelasan seputar aturan dan larangan yang berlaku dalam usaha tersebut. Kemudian, dalam pembuatan kebijakan, paparkan secara detail setiap butir yang Anda cantumkan, tak terkecuali penggunaan software POS untuk mengurangi peluang kesalahan hingga tindak kriminal lainnya.

Baca Juga :  Head of Users and Content Operations TikTok, Bagaimana Supaya Viral?

3. Membiasakan Karyawan Memakai Aplikasi Kasir

Program kasir dirancang bukan untuk mengurangi tanggung jawab pekerjaan kasir, melainkan membantu pekerjaan mereka. Jadi, saat Anda memasukkan sistem ini ke tengah bisnis, Anda perlu membiasakan mereka mengoperasikan aplikasi tersebut. Pastikan kasir telah diajarkan cara pengoperasiannya. Dari mencatat pesanan pelanggan hingga mengintegrasikan program ke perangkat lain seperti printer. Dengan begitu, kasir dapat lebih cepat menangani konsumen yang melakukan pembelian atau pemesanan produk sekaligus meningkatkan kinerjanya.

4. Mengawasi Perilaku Karyawan di Tempat Kerja

Ketika mempercayakan karyawan menggunakan POS, berarti Anda akan meminta mereka memegang username dan password yang dipakai. Kedua data ini sangat penting dan berpotensi disalahgunakan bila Anda salah memilih orang. Sebagai bentuk antisipasi, Anda perlu memantau perilaku karyawan yang bekerja di tempat usaha secara berkala, khususnya kasir yang Anda percayakan untuk mengoperasikan point of sale. Jadi, Anda bisa mengambil tindakan cepat kalau ada yang menimbulkan kecurigaan.

5. Membangun Lingkungan Kerja yang Positif

Kemungkinan selanjutnya yang memicu kecurangan dari karyawan adalah lingkungan kerja yang terasa kurang nyaman bagi mereka. Jangan sungkan untuk bertanya perihal kenyamanan mereka selama bekerja bersama Anda. Jika memang atmosfer di lokasi usaha kurang menyenangkan, ganti dan bangun lingkungan baru yang lebih positif. Kenyamanan yang terasa oleh semua pihak akan melancarkan usaha maupun performa karyawan Anda.

Baca Juga :  Beberapa Aplikasi Yang Mencoba Menyaingi TikTok

6. Menciptakan Ikatan Pertemanan yang Kuat

Ikatan kuat yang Anda jalin bersama para karyawan di tempat kerja secara tidak langsung mengurangi peluang kecurangan. Apalagi kalau Anda menganggap mereka sebagai kawan tanpa menanggalkan kesan profesionalisme selama bekerja. Selain itu, Anda harus menjaga kerahasiaan para karyawan yang melaporkan kecurangan secara anonim. Langkah tersebut akan membuat mereka untuk menegakkan kejujuran, kebenaran, hingga menyukseskan bisnis Anda.

7. Menyebar Pemasangan CCTV

Langkah pencegahan yang paling sering diterapkan dan tergolong efektif adalah memasang CCTV atau kamera keamanan di sejumlah titik. Hasil rekaman dari kamera keamanan bisa Anda gunakan sebagai barang bukti bila ada kecurangan atau tindak kriminal lainnya di lokasi kerja. Pastikan CCTV dipasang di lokasi yang pemindaiannya mencakup titik-titik penting, salah satunya meja tempat kasir menggunakan aplikasi kasir supaya nantinya dapat menjadi barang bukti yang jelas.

Sumber.

Leave a Reply