Virus Corona VS Pariwisata Indonesia

GenBisnis.com, JAKARTA – Dari sektor pariwisata, Indonesia masih bisa mengambil potensi keuntungan, di tengah dinamika wabah corona virus.

Rano Wiharta, Ketua Bidang ekonomi kreatif, pariwisata, koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengatakan, dalam konteks pariwisata mancanegara, virus corona sangat berdampak besar bagi pariwisata Indonesia. Dalam kondisi ini membuat Indonesia kehilangan turis China yang merupakan salah satu penyumbang wisata mancanegara terbesar di Indonesia dan sebaliknya.

Namun, Indonesia masih bisa mengambil sisi positif dan peluang dari kejadian ini. Apalagi, Indonesia memiliki tempat-tempat wisata yang indah serta seluruh pelaku di industri pariwisata, baik itu hotel, tour and travel dan lain-lain.

Baca Juga :  Sudah Coba Bakso Lobster Yang Viral Belum?

“Untuk lebih menggalakkan promosinya dalam menarik wisatawan terutama dalam maupun luar negeri selain China untuk datang ke Indonesia yang dimana sampai saat ini Indonesia masih dinyatakan aman dari virus corona,” ujar Rano, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (5/2/2020). Rano juga mengatakan, data yang ada bahwa jumlah wisatawan Indonesia yang ke luar negeri berjumlah 10,7 juta. Kondisi ini hanya selisih kurang lebih 4 juta dari seluruh wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, yang jumlahnya 14 juta lebih di tahun 2019.

“Sungguh peluang yang besar yang dimana momen ini bisa kita gunakan untuk membuat 10,7 juta wisatawan Indonesia kita mencari tujuan alternatif, yaitu berwisata dan mengenal keindahan negaranya sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :  Menunggu Bukti Eucalyptus Musnahkan Corona

Isu virus Corona ini sebenarnya cukup berdampak dalam perekonomian di Indonesia hingga tingkat paling bawah. Karena sejumlah pasar-pasar tradisional cukup waspada terhadap virus tersebut, sehingga pedagang tidak lagi menjual ular dan kelelawar serta binatang yang dianggap akan menularkan virus Corona. 

One Reply to “Virus Corona VS Pariwisata Indonesia”

Leave a Reply